Paparan Gubernur Babel dalam pertemuan lanjutan di hadapan Menhan.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman melakukan pertemuan lanjutan dengan Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, Jumat (19/06/2020) sore di Ruang Rapat Menteri Pertahanan Kantor Kemenhan Jakarta Pusat.

Pertemuan ini adalah tindak lanjut dari pertemuan kamis,18 Juni 2020 malam di kediaman Menteri Pertahanan dan Wakil Menteri Pertahanan Senin 08 Juni 2020 di Kantor Kementerian Pertahanan.

Menteri Pertahanan RI, Prabowo didampingi Sekjen Kemenhan Dony Hermawan mendengar pemaparan Gubernur Babel dalam rangka menjaga pertahanan RI di Provinsi Bangka Belitung dan mewujudkan program pembangunan di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dari sumber daya alam dan pembangunan kantor wilayah pertahanan di lingkungan perkantoran Pemprov. Babel.

Dalam paparannya Gubernur Erzaldi mengenai Capaian Litbang LTJ - PTBGN dari tahun 2015 sampai tahun 2019 yang merupakan hasil kerjasama PTGBN BATAN dengan PT. Timah. Ini kegiatan penambangan juga dihasilkan pasir monasit yang didalamnya banyak mrngandung uranium, torium dan LTJ (logam tanah jarang).

Pada proses mendapatkan uranium dan torium dari bahan galian nuklir, juga didapatkan mineral ikutan lainnya yang sangat dibutuhkan oleh dunia industri yakni LTJ. LTJ ini merupakan logam yang banyak dicari orang.

Pemerintah pusat menaruh perhatian yang besar terhadap potensi yang dimiliki Bangka Belitung dan Menteri Prabowo sudah memiliki rencana strategis dan akan mengambil langkah untuk dilaksanakan kedepan, " kata Gubernur Erzaldi.

Turut hadir pula Ir. Yudi Radianto, M. Eng, bidang keahlian Mineral Prosessing, Erni Rifandriyah Arief, Pimilik Hak Paten Pengolahan Monasit menjadi LTJ Hidroksida dan Prof. Dr. Rer. nat. Agus Tamzani bidang keahlian Teknologi Nuklir.

Sumber: 
Badan Penghubung Babel
Penulis: 
Rahimah
Fotografer: 
Roby
Editor: 
Pongky