Gubernur Babel Erzaldi Rosman Hadiri Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Komunikasi Menteri KKP Edhy Prabowo

Bandung – Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman didampingi Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Babel, Melati Erzaldi menghadiri Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Komunikasi Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo di Graha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur, Bandung, Rabu (11/03/2020).

“Selamat kepada Bapak Menteri KKP RI, Edhy Prabowo hari ini sudah mendapatkam gelar doktor yang telah menyelesaikan sidangnya dihadapan para Guru besar Unpad," ujar Gubernur Erzaldi di Unpad Bandung, Jabar.

Gubernur Erzaldi mengatakan topik disertasi yang diangkat Menteri Edhy Prabowo akan sangat berguna bagi kepentingan masyarakat luas. Secara pribadi Gubernur Erzaldi Rosman kagum pada pemikiran dari Menteri Edhy Prabowo.

Disertasi dengan judul 'Komunikasi Persuasif Calon Legislatif dalam Kampanye Politik' dengan Studi Kasus pada Pemilihan Caleg 2014-2019 Dapil I Sumatera Selatan)” ini disampaikan Edhy di hadapan tim promotor, tim oponen ahli, serta representasi guru besar. Sebelumnya, Edhy telah menyelesaikan ujian tertutup pada Jumat, 24 Januari lalu.

Dalam disertasinya Edhy mengatakan bahwa dalam berpolitik butuh modal sosial yang cukup untuk meraih dukungan suara. Dengan modal sosial inilah Caleg dapat meraih empati, simpati dan kepercayaan masyarakat pemilih. Modal social ini perlu ditunjang dengan strategfi komunikasi yang mengedepankan persuasif. Adanya modal sosial berarti berkurangnya biaya sosial berarti menekan besarnya biaya politik. disertasi yang di buat menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumen untuk mengumpulkan data untuk dianalisis dan disimpulkan berdasarkan fenomena yang diteliti. Adapun narasumber atau informan yang menjadi subjek dalam penelitiannya berasal dari anggota partai yang lolos maupun yang tidak lolos pada Pemilu Legislatif.

Dalam sidang terbuka yang dipimpin Rektor Unpad Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE., ini, tim promotor dalam disertasi ini yaitu: Dr. Dadang Rahmat Hidayat, M.Si., Dr. Dadang Sugiana, M.Si., dan Prof. Dr. Bachtiar Aly, M.A. Sementara tim oponen ahli antara lain Dr. Siti Karlinah, M.Si., Prof. Dr. Soleh Soemirat, M.S., serta Dr. Suwandi Sumartias, M.Si. Adapun representasi guru besar oleh Prof. Dr. Engkus Kuswarno, M.Si.

Sejumlah tamu penting pun hadir dalam sidang terbuka ini. Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dalam ujian sidang terbuka doktor datang untuk memberi dukungan secara langsung kepada Edhy. Edhy Prabowo pun berhasil meraih gelar doktor dengan yudisium “Cumlaude”.

Sumber: 
Badan Penghubung Prov. Babel
Penulis: 
Rahimah/pongky
Fotografer: 
Roby
Editor: 
Pongky