WAGUB BABEL ABDUL FATAH MENGHADIRI PEMAPARAN CALON JUARA LOMBA DESA DAN KELURAHAN TINGKAT REGIONAL TAHUN 2019

JAKARTA – Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yulisman juga Wakil Walikota Pangkalpinang, Muhammad Sopian menghadiri pemaparan calon juara lomba desa dan kelurahan tingkat regional tahun 2019, Kamis (08/08/2019) di Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Selatan.

Lomba kelurahan tingkat nasional regional wilayah I sumatera telah memasuki tahapan paparan juara. Sebanyak 5 Kelurahan terbaik tingkat regional wilayah I sumatera mengikuti paparan di ruang rapat lantai 2 gedung C Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri. Dan kelurahan Temberan kecamatan Bukit intan kota Pangkalpinang merupakan perwakilan Provinsi Bangka Belitung untuk mengikuti paparan lomba kelurahan.

Lurah Temberan, Iswansyah, SH melakukan paparan di hadapan tim penilai yang terdiri dari Dirjen POLPUM, Dirjen Bina ADWIL, Dirjen Bina Pemerintah Desa, Akademisi serta para direktur di Lingkungan Ditjen Bina Pemerintah Desa.

Dalam paparan tersebut Iswansyah lebih menekankan kepada inovasi dari kelurahan temberan yang terdiri dari MASPELIN (Masyarakat Peduli Lingkungan), MASPESI (Masyarakat Peduli ASI), TEMBERAN TERSENYUM, Klinik GETAS (Generasi Sehat Cerdas) dan Bidan Sahabatku. Juga inovasi di tahun 2019 seperti PELIKAS ( Pelayanan Instan Kepada Masyarakat), ANJALI (Antar Jemput Akta Kelahiran dan Kematian) dan AKAR BAMBU (Ajak Karang Taruna Membangun Berbasis Usaha).

Produk unggulan yang terdiri dari Lapis Susu Zulaikha, Ampiang Margareta, Kempalng Ikan, Kue Kering Angka 8 dan Donat Kentang juga dipaparkan disini. Tim penilai yang dipimpin Dirjen Bina Pemerintah Desa mengapresiasi hasil paparan lurah temberan.

Dalam kesempatan ini Wakil gubernur juga menekankan kepada tim penilai adanya peran Provinsi dalam mendukung pengembangan kelurahan yang ada di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Beltung serta Wakil Walikota Pangkalpinanng pun menjelaskan peran pemerintah kota dalam memajukan kelurahan yang ada di Kota Pangkalpinang. Salah satu contohnya dengan dukungan anggaran  1 milyar 1 kelurahan yang telah dilaksanakan dari tahun 2013 sampai dengan sekarang.

Turut hadir dalam kesempatan ini Camat Bukit Intan, Efran, Wakil Ketua I TP PKK Provinsi Babel, Wakil Ketua IV TP PKK Kota Pangkalpinang, Ketua PKK Kelurahan Temberan, Kasi Penataan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa DPMD Prov. Kep.Babel, Kasubbag Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan Bagian Pemerintahan Setda Kota Pangkalpinang serta Sekretaris Lurah Temberan.

Sumber: 
Badan Penghubung
Penulis: 
Rahimah/Pongky
Fotografer: 
Pongky
Editor: 
Rahimah