Tips Menjaga Kesehatan pada Musim Pancaroba

Perubahan musim dan suhu yang tidak menentu membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Suhu lingkungan yang kadang tiba-tiba berubah dari panas menjadi dingin, membuat tubuh harus lebih ekstra melakukan pertahanan. Pada saat kondisi seperti ini, daya tahan tubuh manusia diuji. Tubuh akan bekerja keras untuk mengatur dan menyesuaikan diri terhadap suhu yang berubah-ubah secara drastis. Karena hal tersebut sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh berkurang dan mudah terserang penyakit.

Ada banyak sekali penyakit yang dapat menyerang anda pada musim pancaroba seperti flu, batuk, demam, gangguan tenggorokan, gangguan pernafasan, diare dan masih banyak lainnya. Terutama pada anak-anak akan lebih mudah terkena virus penyebab penyakit. Untuk itu dibutuhkan stamina yang prima atau fit. Jika tidak, tubuh menjadi kurang dapat beradaptasi. Inilah yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit terutama bagi mereka yang sering  bekerja keras dan  kurang beristirahat.

Ada beberapa tips yang bisa anda terapkan pada lingkungan anda, agar tubuh tetap sehat dan fit, contohnya :

  1. Banyak minum air putih dan olahraga. Minum air putih minimal 2 liter per hari akan menjaga keseimbangan cairan atau air dalam tubuh. Jangan sampai tubuh dehidrasi atau kekurangan air didalam tubuh, karena bisa menyebabkan sakit kepala, pusing, lesu dan letih. Berolahraga dapat meningkatkan aliran darah kesetiap organ tubuh dan akan menjaga tubuh tetap bugar. Olahraga sebaiknya dilakukan setiap hari meski hanya beberapa menit saja seperti berjalan kaki, bersepeda, dan jogging.
  2. Makan Makanan Bergizi. Daya tahan tubuh yang baik selain butuh makanan yang cukup jumlahnya, juga harus memenuhi semua unsur gizi yang dibutuhkan tubuh yaitu : karbohidrat, lemak,protein,vitamin,dan mineral.
  3. Konsumsi Suplemen Vitamin selain dari makanan anda dan keluarga anda juga harus mengkonsumsi suplemen tambahan bagi tubuh anda. Ini juga menjadi salah satu tips sehat musim pancaroba yang sangat ampuh. Pilihlah suplemen kesehatan yang banyak mengandung vitamin B dari B1 sampai B12. Vitamin B kompleks akan menjaga stamina dan kesehatan tubuh anda. Selain itu anda juga bisa menambahkan konsusmi vitamin C, enchinacea dan juga zink, untuk memperkuat daya tahan tubuh.
  4. Tidur, Tidur secara teratur, tubuh kita membutuhkan istirahat minimal 6-8 jam perhari. Dengan musim yang berubah dan tidak menentu ini maka istirahat harus anda selalu perhatikan.

 Sumber : Dari berbagai sumber

Penulis: 
Nina
Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi

Artikel

01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi