Tantangan Orangtua di Era Digital

Perkembangan era digital yang ditandai dengan meningkatnya penggunaan gawai. Gawai  yang dalam bahasa Inggrisnya : gadget adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya. Perbedaan gawai dengan teknologi yang lainnya adalah unsur kebaruan berukuran lebih kecil. telah mempengaruhi pola perkembangan anak. Nah untuk mengimbangi era digital yang tak dapat terelakkan ini, orangtua menghadapi tantangan tersendiri dalam menumbuhkan kembangkan bakat anaknya

1. Orang tua Harus Melek Teknologi

Karena anak-anak kini tidak dapat dipisahkan dengan gawai, maka orangtua juga perlu melek teknologi. Tujuannnya, agar orangtua dapat mendampingi dan mengarahkan anaknya saat bermain gawai dengan pengetahuan yang dimiliki.

2. Mengajak Anak Untuk Beraktivitas Di Luar Ruangan

Karena anak-anak dapat berjam-jam menatap layar, maka salah satu tantangan orantua adalah mendorong anaknya untuk beraktivitas diluar ruangan. Setidaknya anak perlu melakukan interaksi dengan lingkungan sekitarnya selain bersama gawai.

3. Memahami Pengaruh Yang Ditimbulkan Oleh Teknologi

Teknologi dapat menjadi peluang untuk meningkatkan kemampuan anak. Disisi lain, teknologi juga dapat menjadi ancaman terhadap masa tumbuh kembang anak. Oleh karena itu menjadi penting bagi orangtua untuk memahami pengaruh yang diberikan oleh teknologi.

4. Mendorong Anak Untuk Tidak Tergantung Pada Gawai

Teknologi memang dapat memudahkan pekerjaan. Namun orangtua perlu mendorong anaknya untuk tidak tergantung pada gawai. Ini untuk menghindari agar anak tetap siap untuk  melakukan berbagai tugasnya meski tidak didukung dengan perangkat teknologi.

( Sumber : Dari Berbagai Sumber)

Penulis: 
Nurul Ihsan
Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi

Artikel

01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi