SEKRETARIS DAERAH PROV KEP BABEL MENGHADIRI SOSIALISASI ANUGERAH PARITRANA TAHUN 2018

Sekretaris Daerah Kepulauan Bangka Belitung menghadiri Sosialisasi Anugerah Paritrana Tahun 2018 (Penghargaan Jaminan Sosial Ketenegakerjaan) pada hari Jumat Tanggal 12 Oktober 2018 yang di prakasai oleh BPJS Pusat Jl. Jend Gatot Subroto, bertempat di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan Jakarta Selatan yang dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah DKI Jakarta, SEKDA Sumatera Selatan dan SEKDA Kalimantan Timur.

Undang-Undang Dasar Pasal 34 (2):”Negara mengembangkan Sistem Jaminan Sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan”. Gerakan Revolusi Mental yaitu Prinsip Gotong Royong dalam jaminan social: “ melakukan perubahan demi terwujudnya pemerataan ekonomi dan keadilan social bagi seluruh rakyat.”, Penghargaan kepada setiap pemerintah daerah yang telah sepenuh hati mendukung Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan pelaku usaha besar, menengah, kecil-mikro sebagai peserta program jaminan social ketenagakerjaan.

Maksud dan tujuan Anugerah Paritrana adalah untuk meningkatkan peranan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota dalam meningkatkan kepesertaan jaminan social ketenagakerjaan, meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan jaminan social ketenagakerjaan serta meningkatkna awareness dan citra positif BPJS Ketenagakerjaan.

Tugas panitia tingkat pusat adalah menyusun rencana aks, petunjuk teknis yang terdiri dari tata cara penilaian dan metode pelaksanaan penghargaan jaminan social ketenagakerjaan, menentukan nama, bentuk dan kategori penghargaan, merancang acara peresmian dan acara penyerahan (waktu,tempat dan acara). Melakukan sosialisasi dan koordinasi kepada pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya tentang pelaksanaan kpenghargaan jaminan social ketenagakerjaan, melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan penghargaan jaminan social ketenagakerjaan, menyampaikan laporan efektifitas pelaksanaan penghargaan jaminan social ketenagakerjaan terhadap kepesertaan jaminan social ketenagakerjaan kepada Gubernur, Bupati/Walikota dan Panitia Penghargaan Provinsi, sertaMenetapkan pemenang I, II, III dari masing-masing kategori penerima penghargaan untuk selanjutnya dilaporkan kepada Presiden, ujar Sekretaris Daerah Kepulauan Bangka Belitung.

Tim Panitia Penilai Tingkat Provinsi sebagai Ketua Sekretaris Daerah, Sekretaris, Kepala Kantor Wilayah BPJS, dan Anggotanya Assisten Sekretaris Daerah Provinsi yang membidangi ketenagakerjaan, Kepala Badan Pusat Statistik dan Kepala Dinas Provinsi yang membidangi Ketenagakerjaan.

Tugas Panitia Tingkat Provinsi adalah mempersiapkan provinsi untuk ikut dalam proses penilaian, melakukan sosialisasi ke Kabupaten/Kota di wilayahnya untuk menjelaskan tentang pelaksanaan penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan menyeleksi dan menetapkan kabupaten/kota serta perusahaan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang berasal dari masing-masing provinsi kepada Tim Penilai Pusat.

Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi
Penulis: 
Adwin Mahyudi
Fotografer: 
Hendrik Timora Sakti
Editor: 
Prima Indrasari

Berita Berdasarkan Kategori