RAPAT KOORDINASI TERKAIT TEKNIS KEGIATAN FESTIFAL NUSANTARA DALAM RANGKA HUT TAMAN MINI INDONESIA INDAH (TMII) KE 41 TAHUN 2016

Pada hari Selasa Tanggal 22 Maret  2016 bertempat di Anjungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Taman Mini Indonesia Indah, Kantor Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah mengadakan Rapat Koordinasi Terkait Teknis Kegiatan Festival Kuliner dalam Rangka HUT Taman Mini Indonesia Indah yang ke 41 yang dihadiri oleh Kepala Kantor Perwakilan Provinsi Kepuluan Bangka Belitung, Kabid Promosi Disparbudpora Bangka Selatan, Kabid Kebudayaan Disbupar Kabupaten Bangka, Kasubbag Kerjasama dan Pengendalian Aset Setda kabupaten Bangka, Kabag Umum Kabupaten Bangka, Kasi Kesenian dan Perfilman  Disbudparpora Kota Pangkalpinang, Beserta Pegawai Kantor Perwakilan dan Pegawai Anjungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bapak Fadjri Djagahitam selaku Kepala Kantor Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  mengharapkan kepada semua peserta dari Kabupaten Kota berpartisipasi atas nama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang merupakan syarat dari pihak penyelenggara HUT TMII Ke 41, Kepala Kantor Perwakilan Provinsi Bangka Belitung juga menjelaskan semua hal yang berkaitan dengan Festival Kuliner, diantaranya :

  1. Waktu Pelaksanaan Acara Festival Kuliner Tanggal 17 sampai dengan 20 April 2016 dan diadakan di Gedung Sasana Kriya  Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
  2. Materi Kuliner yang diperlombakan adalah Menu Pembukaan (contoh lakso, mie kuah ikan dll), Menu Utama (contoh lempah kuning), Menu Penutup (contoh kue jongkong dll), semua merupakan makanan asli Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
  3. Ketentuan Penilaian Kuliner diantaranya menu masakan sudah dimasak /sudah matang, dipersiapkan oleh masing-masing peserta  Resep Kuliner yang disajikan dilengkapi  synopsis yang mengandung sejarah dari makanan tersebut, petugas stand dari masing-masing Provinsi, dekorasi disiapkan oleh masing-masing peserta , setiap peserta menyajikan 5 (lima) porsi  makanan, setiap peserta menyiapkan juru bicara yang akan diwawancarai langsung oleh tim.
  4. Kriteria Penilaian Festival Kuliner Orisionallitas Bahan bergizi khas daerah, Kuliner yang disajikan unggulan daerah, Untuk Keamanan Kuliner yang dinilai adalah cara pengolahan, kebersihan dan kerapihan kuliner, untuk citarasa masakan khas daerah harus bisa diterima oleh masyarakat , sebagai kreatifitas kuliner harus menampilkan penampilan dan modifikasi, serta kemasan yang higienis.

Kepala Kantor Berharap lewat Acara HUT TMII yang ke 41 Provinsi Bangka Belitung bisa Membawa Nama Provinsi sebagai Juara dan mendapatkan Penghargaan “Cita Rasa Boga Awarna Dwipa” untuk wilayah Sumatra dan sebagai juara Umum untuk mendapatkan Piala Tetap dari Menteri Pariwisata, acara  ini merupakan ajang Promosi Kuliner Provinsi Kepulauan Bangka Belitung agar masakan Khas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dikenal oleh masyarakat Indonesia.  

Sumber: 
Kantor Perwakilan
Penulis: 
Monayati
Fotografer: 
Wiji Lestari
Editor: 
Prima Indrasari