RAMADHAN

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam penaggalan Hijriah. Ramadhan memiliki arti sangat panas, karena pada bulan ini suhu di Jazirah Arab sangat panas seakan membakar kulit. Bulan ini sering disebut sebagai bulan suci karena umat Islam melaksanakan ibadah puasa yang banyak mengandung keberkahan.

SERBA-SERBI BULAN RAMADHAN

  • Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Saat itu pintu-pintu neraka ditutup dan pintu-pintu surga dibuka. Pahala kebaikan dilipat gandakan. 10 hari pertama adalah hari-hari keberkahan, 10 hari kedua adalah hari-hari yang penuh ampunan-Nya. Dan 10 hari terakhir adalah hari pembebasan dari neraka. Nabi SAW, memberikan kabar gembira dengan menjelaskan keutamaan–keutamaan yang ada di bulan tersebut, agar timbul semangat ibadah. Sabdanya, “ Barangsiapa yang bergembira dengan datangnya bulan Ramadhan, diharamkan Allah jasadnya menyentuh api neraka.” (HR.Nasa’i)
  • Dibulan ini kaum  beriman diwajibkan berpuasa sebulan penuh agar menjadi orang yang bertakwa. Disebut dalam Al Qur’an, “Hai orang-orang yang beriamn, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS.Al-Baqarah (2) : 183)
  • Di bulan Ramadhan ada malam yang lebih baik dari seribu bulan atau 83 tahun, yang disebut Lailatul Qadar. Dijelaskaan dalam Al Qur’an, “ Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an ) pada malam kemuliaan dan tahukah kamu apakah  malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar “. (QS.Al Qadr (97): 1-5)
  • Dibulan ini terjadi peristiwa pembebasan kota Makkah (Fathul Makkah), dimana Nabi SAW dan para sahabat berhasil menguasai Makkah dan menghancurkan berhala-berhala di sekitarnya.
  • Ramadhan merupakan bulan diturunkannya Al Qur’an. Firman Allah dalam Al Qur’an, (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)...” (QS. Al-Baqarah (2) : 185)
  • Terjadi perang badar antara kaum muslimin yang berjumlah 313 dan kalangan kafir Quraysy Makkah sebanyak 1000 orang. Dalam pertempuran tersebut, kaum muslimin mengalami kemenangan gemilang, 70 tentara musyirikin terbunuh, 70 lagi ditawan, sisanya melarikan diri.

 Marhaban Ya Ramadhan, Selamat Menunaikan Ibadan Puasa.

(Sumber : dari berbagai Sumber)

Penulis: 
Nurul Ihsan
Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi

Artikel

01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi