Promosi Budaya Kabupaten Bangka Barat melalui Event Pra Mozaik Budaya di TMII

JAKARTA – Kabupaten Bangka Barat pada tanggal 17 September 2016 pukul 16.00 WIB menyelenggarakan pagelaran kesenian dan kebudayaan Bangka Barat berupa lagu-lagu khas daerah dan Tarian-tarian daerah seperti lagu wisata alam pulau Bangka, tari dambus “liget mencari”, dsb. Bekerjasama dengan Kantor Perwakilan Provinsi Kep. Bangka Belitung melalui Seksi Promosi dan Informasi dan pihak dari Bagian Budaya Taman Mini Indonesia Indah, Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, dan Informatika Kabupaten Bangka Barat berupaya untuk terus melestarikan kesenian dan budaya daerah melalui berbagai event baik event di daerah maupun event yg berskala nasional.

Dengan mempertimbangkan Keberadaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sebagai show window Budaya nasional maka pihak Kabupaten Bangka Barat berharap pagelaran kesenian dan kebudayaan daerah ini menjadi salah satu upaya yang efektif untuk memperkenalkan seni dan budaya daerah yang akan berimplikasi positif terhadap melonjaknya jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke Kabupaten Bangka Barat. Menurut Kepala bidang Kebudayaan dan Seni, yakni Bapak Sukandi, S.Pd, Event Pra Mozaik Budaya ini merupakan event yang cukup efektif untuk mempromosikan seni dan budaya daerah karena saat ini Kabupaten Bangka Barat sedang menggalakkan promosi pariwisata dan kebudayaan daerah dengan menetapkan sebanyak 20 kegiatan budaya lokal sebagai agenda andalan untuk menggenjot jumlah kunjungan wisata di daerah tersebut.

Pada Kesempatan ini, Kabupaten Bangka Barat menampilkan sanggar Pandan Wangi yang merupakan Sanggar yang berasal dari desa Tempilang Kabupaten Bangka Barat, pimpinan ibu Tri Susiantini. Dengan membawa tim kesenian sebanyak 19 orang, penampilan sanggar ini cukup mendapat perhatian dari para pengunjung yang hadir di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Dan acara ini juga mendapat apresiasi yg positif dari pihak budaya TMII, melalui salah satu perwakilan pihak budaya yakni ibu endang berharap Kegiaatan seperti ini dapat terus dilaksanakan pada tahun-tahun mendatang. 

Sumber: 
Kantor Perwakilan
Penulis: 
Sulemi
Fotografer: 
Adwin
Editor: 
Prima Indrasari