Peran Serta Diklat Tari Anjungan Babel pada Acara Lomba Penyaji Tari Tradisi/Kreasi Nusantara Tingkat Anak dan Evaluasi Diklat Tari Anjungan TMII

JAKARTA – Diklat Tari Anjungan Babel dibawah pengelolaan Seksi Promosi dan Informasi Kantor Perwakilan Prov. Kep. Bangka Belitung, ikut serta pada lomba penyaji tradisi/kreasi nusantara tingkat anak dan evaluasi diklat tari anjungan TMII di Istana Anak-anak Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang diselenggarakan oleh pihak Budaya TMII pada tanggal 18 September 2016.

Pada lomba kali ini diikuti oleh 40 peserta yang merupakan perwakilan dari Diklat Tari Anjungan dan perwakilan langsung sanggar-sanggar dari beberapa Provinsi. Lomba ini dikhususkan untuk peserta yang berusia 8 hingga 13 tahun dengan memperebutkan hadiah untuk 6 besar penyaji terbaik yang mendapatkan piagam dan uang pembinaan.

Diklat Tari Anjungan Bangka Belitung menampilkan Tari Tampa dengan penata tari yakni Agus Yusmansyah, penata musik yakni Ramasona Alhamd dan penata busana yakni macica. Adapun tari ini merupakan tari kreasi yang menceritaka tentang kegunaan tampa dalam kehidupan sehari-hari. Dimana tampa digunakan sebagai penampik beras dan bias juga digunakan sebagai penjemur ikan asin pada masyarakat yang tinggal di daerah pesisir Pulau Bangka. Tari Tampa ini berpijak dari gerakan tari tradisi babel yakni tari kedidi dan diikuti oleh petikan dambus sebagai penyempurnaan gerakan tersebut. 

Sumber: 
Kantor Perwakilan
Penulis: 
Sulemi
Fotografer: 
Adwin
Editor: 
Prima Indrasari