Peningkatan Konektivitas Penyeberangan antar Pulau, Gubernur Erzaldi Bersama Dirut ASDP Tandatangani Nota Kesepahaman

JAKARTA – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, didampingi Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Babel, K.A Tajuddin, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi.

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel bersama PT ASDP dalam rangka peningkatan konektivitas penyeberangan antar pulau dan potensi pariwisata di Provinsi Babel tersebut, dilaksanakan Senin (26/08/2019) sore, di Ruang Rapat PT ASDP Ferry (Persero) Rawasari Jakarta Pusat.

Dengan adanya Nota Kesepahaman ini, untuk pengelolaan Kapal Roro Mini diharapkan dapat segera direalisasikan dalam waktu dekat. Nantinya, akan ada satu kamar/ ruangan untuk dokter yang disediakan bagi layanan kesehatan di kapal. Dimana nanti dokter tersebut akan disediakan dari Pemprov Babel.

Dirut ASDP mengatakan, dalam penyelenggaraan pelayaran, safety dan service menjadi prioritas dari ASDP untuk melayani kebutuhan pelayaran.

Disebutkan, saat ini, ASDP telah diminta untuk melakukan pengelolaan terhadap 54 Kapal Ferry besar. “Pengelolaan ASDP telah merambah ke sektor penyediaan akomodasi, salah satunya yang saat ini  dikembangkan  di Labuan Bajo,” ujar Dirut ASDP.

“ASDP siap mensupport untuk pengelolaan dan pengembangan pariwisata dan pelayaran di Provinsi Bangka Belitung,” tambah Dirut ASDP, Ira Puspadewi.

Sementara, Gubernur Babel Erzaldi Rosman, mengungkapkan, saat ini, Pemprov Babel sedang dalam penyusunan Perda RZWP3K yang direncanakan akan selesai, sehingga diharapkan untuk proses penyeberangan di Bakit (Bangka Barat) – Belinyu (Bangka), dapat segera ditindaklanjuti.

Pada tahun 2020, Prov Babel mendapatkan alokasi Kapal Roro Mini, dan diharapkan nantinya dapat dikelola oleh ASDP.

“Saat ini, di Bangka Belitung telah menyusun blueprint untuk pengembangan destinasi wisata, dimana salah satunya pengembangan destinasi wisata di 5 Pulau di Babel, yang kemudian ditawarkan kepada ASDP untuk di kelola,” ungkap Gubernur.

Pengembangan destinasi wisata pulau - pulau di Babel yang ditawarkan, disebutkan Gubernur Erzaldi, dapat berupa penyediaan akomodasi seperti homestay yang tersebar di rute sepanjang pelayaran dari Pulau Bangka ke Pulau Belitung.

Sumber: 
Humas-Pro
Penulis: 
Pongky
Fotografer: 
Pongky
Editor: 
Ahmad