PENANGANAN FLASHDISK YANG TERCUCI

Flashdisk adalah benda yang kecil dan seringkali kita lupa menyimpannya. Padahal flashdisk merupakan benda yang sangat penting, karena didalamnya terkadang kita menyimpan file pekerjaan atau data-data penting kita. Mungkin flashdisk kalian pernah tercuci, saya akan berbagi bagaimana cara penanganan penyelamatan flashdisk yang tercuci di dalam mesin cuci menurut pengalaman saya.

Cara yang akan saya jelaskan mungkin sangat sederhana, tetapi cukup ampuh untuk menyelamatkan flashdisk yang basah. Karena sudah berkali-kali saya menggunakan cara ini dan hasilnya adalah "BERHASIL". Data-data didalam flashdisk tetap aman dan tidak rusak. Sangat mudah, simple, dan tidak ribet, tetapi kalian harus bersabar dalam menunggu proses perbaikan flashdisk.

Beberapa cara yang saya lakukan dalam menangani flashdisk yang basah, antara lain :

  1. Saat flashdisk masih basah, langsung copot kerangka flashdisknya, jika tidak dapat melepaskan kerangkanya, digoyang-goyangkan saja flashdisknya hingga tidak ada air yang keluar dari dalam flashdisk tersebut, bisa juga flashdisk dikeringkan dengan hair dryer. Intinya agar air yang ada didalam flashdisk itu dapat keluar semua.
  2. Bila Anda berhasil melepas kerangkanya, bagian dalam flashdisk tersebut dilap dengan tisu hingga benar-benar kering.
  3. Kemudian pasang kembali kerangka flashdisknya dan simpan didalam beras selama semalaman, agar komponen dalam flashdisk benar-benar kering.
  4. Jika Anda sudah benar-benar yakin bahwa komponen dalam flashdisk Anda kering, baru Anda coba tancapkan ke laptop atau komputer, silahkan cek apakah file dan data Anda rusak atau tidak.
  5. Jangan coba-coba masukkan flashdisk Anda dalam keadaan basah kedalam laptop atau komputer, karena bisa mengakibatkan konsleting dan kerusakan flashdisk serta hilangnya data-data penting pada flashdisk tersebut.

Demikianlah pengalaman saya yang dapat saya bagi, semoga bermanfaat dan dapat Anda coba jika mengalami hal yang sama.

SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA BERHASIL !!

Penulis: 
Ardiansyah
Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi

Artikel

01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi