Penandatangan Kesepakatan Bersama Pemanfaatan Jasa dan Layanan Jaringan Perbankan antara PT BRI Persero Tbk dan PT Bank BRISyariah dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Usai menjalin kerja sama di bidang pendidikan, Selasa (3/4/2018) selanjutnya Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menggandeng BUMN sektor perbankan. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan dan mempercepat pergerakan perekonomian di Negeri Serumpun Sebalai.

"Pemprov ingin mensinergikan kebijakan dengan BUMN," kata Gubernur Erzaldi usai Penandatangan Kesepakatan Bersama Pemanfaatan Jasa dan Layanan Jaringan Perbankan antara PT BRI Persero Tbk  dan PT Bank BRISyariah dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Jakarta, Selasa (3/4/2018).

Berbagai strategi kebijakan telah dilakukan Gubernur Erzaldi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Di sektor pertanian pemprov menjalankan program resi gudang. Selanjutnya, agar masyarakat mudah mendapatkan kebutuhan pokok dibuat Berkah Mart.

Terdapat beberapa keunggulan Berkah Mart di antaranya, harga kebutuhan pokok dapat dibeli masyarakat dengan harga murah. Hal tersebut bisa dilakukan karena adanya pemangkasan jalur distribusi barang yang selama ini membuat harga barang menjadi mahal.

Jika jalur distribusi barang pendek, Gubernur Erzaldi yakin bisa menekan harga jual barang ke masyarakat. Tak hanya itu, sistem belanja di Berkah Mart bakal menggunakan kartu elektronik. Masyarakat dapat membeli sejumlah barang dengan hanya menggesek kartu tersebut.

Semua penerapan sistem berteknologi ini tentunya membutuhkan jaringan layanan hingga ke pelosok desa. Penandatangan Kesepakatan Bersama Pemanfaatan Jasa dan Layanan Jaringan Perbankan antara PT BRI Persero Tbk  dan PT Bank BRISyariah dengan Pemprov Kepulauan Bangka Belitung menjadi langkah pengembangan.

"Ada baiknya kita bisa memanfaatkan segala potensi yang ada di daerah. Potensi berupa sarana dan prasarana milik BUMN seperti BRI dan BRISyariah hendaknya bisa dimanfaatkan demi kemajuan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," ungkapnya.

Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi
Penulis: 
Muhamad Ali
Fotografer: 
Hendrik Timora Sakti
Editor: 
Prima Indrasari