Pemberian Penghargaan "Anugerah KASN 2018"

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu 28 Agustus 2018 Pukul 08.00 WIB mengahadiri Ekpose & Validasi Nominasi "Anugerah KASN (KOMISI APARATUR SIPIL NEGARA) kategori Tata Kelola Seleksi terbuka di Hotel Atria Serpong, CBD Gading Serpong Kav.5 Jl. Boulevard Gading Serpong,Tanggerang, Banten 15810, acara di maksud bertujuan untuk memberikan penghargaan "Anugerah KASN 2018" yang usulannya nominasi intansi pemerintah untuk katagori tata kelola seleksi terbuka dan telah di lakukan verifikasi oleh tim sekretariat anugerah KASN 2018, untuk memastikan validasi data dan informasi, serta menggali kedalaman subtansi dan inovasi tim panel ahli mengundang Sekretaris Daerah Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan ekpose atau paparan pada acara rapat validasi tim panel ahli yang meliputi:

  1. Ekpose atau paparan instansi nominator
  2. Validasi data dan informasi berdasarkan evidence based dan yang ke
  3. Penilaian terhadap instansi pemerintah.yang di uji oleh tim panel pengarah dari ketua komisi aparatur sipil negara dan wakil ketua komisi aparatur sipil negara yang beranggotakan:
  1. Dr. Ir. H. Azwar Abu Bakar
  2. Prof. Dr. Eko Prasojo
  3. Prof. Dr. Jb Kristiadi

Dengan instrumen penilaian kepatuhan dan kualitas tata kelola pelaksanaan seleksi terbuka pengisian JPT Sebagai implementasi UU ASN.YAN MEGAWANDI Sekretaris Daerah Kepulauan Bangka Belitung dalam wawancara nya menyampaikan insyaallah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  mendapatkan nominasi tersebut karna saya sudah menyampaikan ke tim panel tata cara pengisian jabatan pimpinan tinggi dengan metode seleksi terbuka,kompetitif dan melalui standar kompetensi jabatan ujarnya.

Dokumen rencana seleksi terbuka JPT disusun secara lengkap dengan parameter: Panitia Seleksi yang dibentuk memiliki kualifikasi dan kompetensi sesuai dengan JPT yang akan dilaksanakan seleksi terbuka, berintegritas dan memiliki independensi (netral), terdapat standar kompetensi jabatan untuk JPT yang dilakukan seleksi terbuka, dokumen telah menjelaskan persyaratan umum, persyaratan khusus dan ketentuan lain yang sesuai per-UU-an serta tidak diskriminatif, Assesment Center yang ditunjuk telah terakreditasi atau assesornya telah memiliki sertifikasi, dokumen telah menjelaskan metode pelaksanaan seleksi disertai dengan waktu/jadwal pelaksanaan secara jelas, konsep pengumuman seleksi telah mencantumkan informasi yang secara jelas dan lengkap kepada publik.

Telah melaksanakan koordinasi dan mendapatkan rekomendasi KASN sebelum pelaksanaan seleksi dimulai. Dimensi Pelaksanaan Seleksi Terbuka JPT. Pengumuman seleksi terbuka disebarluaskan secara luas melalui berbagai media (media cetak local/nasional, media elektronik, dan media lainnya. Peleaksanaan seleksi atau pengujian kompetensi, terdapat kriteria dan berita acara penetapan hasil penilaian seleksi administrasi yang dibuat dan ditandatangani oleh Pansel, dan diumumkan ke publik. Hasil Uji Kompetensimanajerial dituangkan dalam dokumen profil kompetensi sesuai standar dan lengkap dan ditetapkan oleh lembaga Assesment Center atau assessor. Panser secara lengkap terlibat langsung dalam pelaksanaan pengujian kompetensi teknis dan sosiokultural (penulisan makalah, presentasi dan wawancara). Penelusuran rekam jejak calon,/peserta seleksi dilaksanakan secara mendalam (meminbta konfirmasi dari berbagai pihak instansi asal, lembaga yang relevan seperti instansi penegak hukum, BPK, PPATK, dan lainnya). Panitia seleksi menyelenggarakan pengujian kesehatan bagi peserta. Pansel melaksanakan seluruh tahapan pelaksanaan seleksi sesuai dokumen rencana seleksi, dan apabila terdapat perubahan dilaporkan kepada KASN. Penetapan hasil pelaksanaan seleksi terbuka oleh panitia seleksi. Terdapat berita acara hasil penilaian/ pengujian kompetensi seluruh tahapan penilaian oleh panitia seleksi dan diukung hasil penilaian individual pansel peserta seleksi  beserta rekapitulasi hasil penilaian. Terdapat berita acara penetapan hasil 3 terbaik pelaksanaan seleksi terbuka dan diumumkn secara terbuka. Pansel segera merespon secara cepat apabila terdapat pengaduan yang masuk kepadaPansel atau Sekretarisat Pansel dan mampu memberikan solusi pemecahan.

PPK/PyB/ Pansel berkoordinasi dengan KASN dan instansi terkait selama pelaksanaan seleksi terbuka khususnya apabila terdapat permasalahan dalam pelaksanaan seleksi. Dimensi pelaporan Seleksi Terbuka JPT. Substansi laporan disusun dengan sistematika sesuai tahapan pelaksanaan seleksi, dan menbguraikan proses pelaksanaan seleksi secara lengkap. Laporan dilampiri dengan seluruh dokumen asli pelaksanaan seleksi atau dokumen fotocopy yang telah mendapatkan legalisir/ pengesahan dari pansel.  Penyampaian laporan kepada KASN dalam waktu tidak lama setelah selesai seleksi (kurang dari 1 bulan). Laporan disampaikan kepada KASN  dengan tembusan kepada instansi terkait Menteri PAN-RB, Menteri Dalam Negeri, BKN, Gubernur, dan lainnya.

Aspek Kualitas (Pendalaman Substantif Dalam Validasi). Apakah terdapat pengaduan selama pelaksanaan seleksi terbuka dan bagaimana menanganinya. Aspek keterbukaan dala setiap tahapan pelaksanaan seleksi terbuka. Bagaimana wujud implementasi system merit dalam pelaksanaan seleksi terbuka. Inovasi yang dimunculkan dalam pelaksanaan seleksi terbuka. Dukungan, komitemen atau intervensi dari pejabat Pembina kepegawaian dalam pelaksanaan seleksi dan Metoda yang digunakan oleh Panitia Seleksi dalam pendalaman pengujian kompetensi terhadap peserta seleksi.

Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi
Penulis: 
Ardiansyah
Fotografer: 
Hendrik Timora Sakti
Editor: 
Prima Indrasari