Pembangunan Jembatan Penghubung antar Provinsi Babel dan Sumsel diusulkan Menjadi Program Strategis Nasional.

Jakarta – Audiensi Gubernur Babel, Erzaldi Rosman bersama Gubernur Sumsel, Herman Heru beserta Bupati Bangka Selatan dengan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono pada hari kamis (18/07/2019) di ruang rapat Menteri PUPR terkait percepatan pembangunan jembatan penghubung antar Provinsi Babel dan Sumsel.

Dalam pertemuan Menteri PUPR setuju dan mendukung Pemerintah Provinsi  Bangka Belitung dan Sumatera Selatan untuk bersama-sama mengajukan permohonan Ke Presiden Jokowi untuk diusulkan menjadi Program Strategis Nasional (PSN).

Menurut Erzaldi kalau pembangunan jembatan menjadi PSN maka seluruh kegiatan, mulai dari perencanaan sampai pembangunan akan dibiayai oleh APBN. Dan untuk itu mungkin bisa minta masukan dari Kepala Bappeda.

Ada beberapa hal yang disampaikan Bapak Gubernur  diantaranya pertama pembangunan jembatan penghubung Pemprov Babel dan Sumsel diusulkan dalam program RPJMN dan Pemprov Babel akan mengusulkan ke Dinas PUPR dan tahun ini sudah dilakukan pra FS. Dan juga secara pararel diusulkan FS Jembatan Bahtera dan pembuatan DED. Saran pak menteri mengatakan kajian FS jembatan Bahtera harus benar-benar matang dan kuat agar kajian tersebut lebih matang untuk dijadikan alasan pertimbangan pembangunan jembatan bahtera sebagai proyek strategis nasional.

Kedua Pemerintah Perovinsi Bangka Belitung Trans Bangka. Program peningkatan jalan nasional dari bangka selatan ke bangka barat sepanjang 486 km. Dan Ketiga Pemprov Babel terkait kawasan heritage kota pusaka yang di wilayah bangka barat untuk segera direalisasikan sesuai dengan 3 klaster yaitu klater melayu, klaster china dan klaster eropa.

Lebih lanjut menurut Erzaldi , dengan pembangunan jembatan ini menjadi magnet pendukung suplai beras di Bangka Belitung. “Intinya Jembatan ini selain untuk menggeprek orang ke bangka juga sekaligus sebagai sarana penyuplaian barang-barang agar kebutuhan bahan pokok di pulau bangka dan belitung ini khususnya dapat tercover dan harga distribusi barang akan turun juga,”ujar Erzaldi.

Dan bila memungkinkan nanti jembatan ini juga bisa dijadikan pembangkit tenaga listrik arus laut. Dan untuk itu diharapkan dukungan dan doa dari seluruh kalangan masyarakat Babel sehingga pembangunan jembatan ini dapat terealisasi dengan baik, jelas Bapak Gubernur Babel ini.

Sumber: 
Badan Penghubung
Penulis: 
Rahimah
Fotografer: 
Pongky
Editor: 
Rahimah