Pameran Adiwastra Nusantara Mempertahankan Mutu Wastra Adati Tradisional

Penyelenggaraan pameran Adiwastra Nusantara membuktikan kehadirannya sebagai penggiat produk budaya kreasi Indonesia diterima dan secara konsisten berupaya mengangkat sekaligus mempertahankan serta meningkatkan mutu wastra (kain) adati tradisional dari seluruh nusantara.

Hal tersebut dikatakan Ketua Harian Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI Pragati Wira Anggini (IKKT PWA) selaku Ketua Penyelenggara Adiwastra Nusantara, Ibu Wida Didit Herdiawan pada acara Adiwastra Nusantara ke-11 tahun 2018, dengan tema “Nuansa Kekinian Dalam Balutan Wastra Adati Nusantara” yang diselenggarakan di Hall B Jakarta Convention Center (JCC), Jl. Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (11/4/2018).

Adiwastra Nusantara ke-11 tahun 2018 merupakan sebuah pameran yang dikemas secara khusus mengetengahkan Karya Wastra Adati dan produk-produk kain tradisional unggulan dari seluruh daerah Indonesia. Acara pameran ini secara regular telah diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 2008.

Ketua Harian IKKT PWA menjelaskan bahwa penyelenggaraan pameran ini menunjukkan Adiwastra Nusantara telah membuktikan kiprah dan perannya, sebagai salh satu media komunikasi dan interaksi yang dapat mempertemukan antara pengrajin, perancang kain dengan masyarakat konsumen serta komunitas penggemar dan pecinta kain adati di Indonesia.

Dalam kegiatan pameran ini, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ikut serta dalam pameran tersebut yang diikuti Ishadi Kain Cual home industry dari Bangka Belitung. Kain Cual Ishadi Merupakan Kain Tradisional Khas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan corak Flora Fauna serta motifnya yang elegan. Dikenakan pada Acara Pesta serta Acara Resmi Lainnya, membuat penampilan tampak menawan,  ujar Ibu Melati Erzaldi selaku Ketua Dekranasda.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Harian IKKT PWA mengatakan bahwa dorongan pemerintah untuk meningkatkan kreatifitas serta inovasi di berbagai bidang termasuk pada pengembangan Wastra Nusantara dapat diamati dari karya-karya, desain dan variasi produk. “Wastra semakin banyak bermunculan dan beraneka ragam, terutama di era saat ini dengan adanya kemajuan medsos menjadi ruang pemasaran yang sangat efektif. Harapan kami, Wastra Nusantara di jaman now menjadi wow di masa mendatang, “ungkapnya.

Dalam kegiatan pameran Adiwastra Nusantara ke-11 tahun 2018 ditampilkan pula produk-produk wastra, anjungan ikon Adiwastra Nusantara unggulan tahun 2019, pameran produk kerajinan, fashion dan accesoris serta Tarian Rempak Gendang Setia Waspada, Pagelaran Busana dari Esmod Jakarta, dan penampilan Anggini Voice.

Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi
Penulis: 
Muhamad Ali
Fotografer: 
Hendrik Timora Sakti
Editor: 
Prima Indrasari