ORGANISASI MAHASISWA MAHASISWI ISBA JAYA DI LENTENG AGUNG DAN MAHASISWA BANGKA PADA IKPB DI PERUMAHAN PESONA KHAYANGAN DEPOK JAWA BARAT

Melakukan konsolidasi antara Seksi HAL berikut staf nya dengan mahasiswa dan mahasiswi ISBA JAYA, dimana saat ini mess di lenteng agung Pria dan Wanita bergabung bersama di satu rumah,  penghuni Mes ISBA Jaya di Lenteng Agung berjumlah 20 (dua puluh) orang yang terdiri 11 (sebelas) laki-laki dan 9 (sembilan) wanita. Penghuni IKPB Mes Perumahan Pesona Khayangan Depok Jawa Barat berjumlah 14 (Empat Belas) orang laki-laki. Dimana kita melakukan pembinaan dan pendekatan untuk selalu meingatkan menjaga diri, dimana mereka saat ini dalam satu rumah bercampur laki-laki dan perempuan.

Dari uraian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa asrama adalah sebuah bangunan sebagai tempat tinggal yang dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas tertentu yang dibutuhkan pelajar atau mahasiswa dengan kepentingan yang sama, yaitu menuntut ilmu, dengan tujuan dan harapan agar dapat belajar dan beraktifitas secara efisien dan efektif tanpa paksaan. 

Pendidikan merupakan satu hal paling urgen dalam kehidupan. Dengan pendidikan seseorang mampu menghadapi permasalahan tantangan zaman yang semakin kompleks. Pendidikan formal merupakan suatu wadah seseorang berpacu di dalam menuntut ilmu, diantaranya adalah pendidikan dasar, menengah, hingga dunia perkuliahan

Asrama pada umumnya identik dengan kedisiplinan dan keteraturan di dalamnya, karena peraturan-peraturan yang diterapkan di asrama iu sendiri tentunya. Kemudian, ini yang menjadi penyebab asrama banyak diminati oleh kalangan mahasiswa. Mahasiswa sebagai pemegang tonggak kemajuan bangsa pasti memerlukan kedisiplinan yang konsisten. Dengan kekonsistenan itulah yang kelak akan menjadi kebutuhan. Sejatinya kekonsistenan adalah bagian dari kebiasaan. Dan, kebiasaan merupakan benih-benih menuju kesuksesan. 

Kondisi ini memudahkan mahasiswa berkuliah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk pulang-pergi ke kampus. Terkait biaya, asrama relatif murah dibanding tempat tinggal lainnya, terutama dari segi biaya tinggal perbulan. 

Asrama merupakan bagian dari aset pemerintah. Segala bentuk kebutuhan sehari-hari yang pembayarannya kepada pemerintah seperti air PDAM dan listrik ditanggung pemerintah itu sendiri. Jelas ini memberikan kemudahan bagi mahasiswa. Tapi Penghuni IKPB Mes Perumahan Pesona Khayangan Depok Jawa Barat menanggung sendiri biaya PDAM, listrik, sampah dan siskamling dengan cara membagi pembayarannya secara bersama.

Untuk meningkatkan rasa kekeluargaan dan tenggang rasa, warga Lenteng Agung mengadakan masak dan makan bersama. Dengan cara kekeluargaan mengandung filosofi tersendiri yaitu kebersamaan dan semangat gotong royong yang terjaga dengan baik. Kebersamaan dan gotong royong bagian dari sikap yang sangat berpengaruh terhadap pola pikir mahasiswa kedepannya.

Untuk menjaga hubungan yang baik antara Pemprov Babel dan warga asrama ISBA Jaya Lenteng Agung dan IKPB  Depok melaksanakan kegiatan audiensi atau kunjungan kehormatan. Dalam audiensi tersebut, mahasiswa mengemukakan keluhan terkait asrama, pembangunan daerah, hingga berkenaan dengan kebijakan Pemprov Babel. Ini mempererat hubungan antara mahasiswa dan Pemprov Babel. 

Dengan demikian, jelas bahwa asrama besar pengaruhnya terhadap perkembangan potensi mahasiswa. Beragam kegiatan yang dilakukan di asrama dengan tujuan melatih public speaking, partisipasi di masyarakat, dan bertukar pendapat dengan pemerintah daerahnya. Dapat disimpulkan asrama adalah jembatan sebagai penyeberangan mahasiswa menuju kesuksesan dalam aspek pendidikan, agama, budaya, dan kemasyarakatannya. Tepislah segala kebimbangan yang terbesit dibenak dan rajutlah segala keyakinan yang terlintas serta bayangkan kesuksesan datang menghampiri. Hakikatnya untuk mencapai sesuatu yang besar memerlukan langkah awal yang disebut dengan upaya kecil. Kembangkan upaya-upaya kecil menjadi upaya-upaya besar dengan cara tinggal di asrama dengan niat yang lurus dan hati yang terbuka. 

Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi
Penulis: 
Adwin Mahyudi
Fotografer: 
Aris Rusiady
Editor: 
Prima Indrasari