MENGATUR WAKTU

Salah satu perbedaan yang mendasar pada setiap diri manusia didalam menentukan keberhasilan hidupnya yaitu untuk mengatur waktu. Tidak sedikit teori-teori manajemen waktu yang berujung gagal diterapkan dalam kehidupan sehari-hari karena kebanyakan teori itu mengajarkan kita untuk mengatur clock time atau waktu yang tertera pada jam dinding. Padahal, kita tidak hidup didalam “jam dinding”, we live in areal time! Kita hidup diluar jam dinding, kita hidup didalam waktu nyata, waktu yang sebenarnya, pergi kekantor, menghabiskan waktu dengan keluarga, dan membayar tagihan-tagihan kartu kredit adalah hal-hal yang bukan diukur dengan “jam dinding”.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa Time is Money atau waktu adalah uang, sepertinya perlu dikoreksi kembali. Sebab waktu jauh lebih berharga dari hanya sekedar nominal uang. Uang bisa saja dicari, akan tetapi waktu yang telah berlalu tak akan pernah bisa kembali. Kesuksesan seseorang pun tidak dapat diukur berdasarkan seberapa penuh jadwal hariannya di kalender dari pagi hingga malam, tapi diukur pada seberapa besar efek yang diberikan atas tiap-tiap kegiatan yang dilakukan. Sangat mudah untuk menjadikan orang yang sibuk, seringkali kita terjebak didalamnya. Bisa dikatakan sibuk apabila kita melakukan suatu kegiatan terus menerus dan hal tersebut menjadi kebiasaaan. Alangkah baiknya bila kesibukan kita diiringi dengan produktivitas. Jadilah orang yang produktif, dibandingkan menenggelamkan diri dengan kesibukan.

Kita harus mengetahui tentang pembagian waktu untuk diri sendiri dalam sehari, mengetahui permasalahan tiap orang mengenal waktu, mengetahui clock time dan real time, mengetahui kekuatan terbesar dari waktu yang kita punya yaitu waktu pada saat ini dan bagaimana kita bisa menjadi CEO (Chief Executive Officer) atau bos untuk waktu kita sendiri. Kita juga harus mengetahui trik untuk dapat memenangkan waktu dihari kerja (winyour weekdays) dan dihari libur (win your weekends). Jadi aturlah waktu kita sebaik mungkin. Jika kita ingin membuat perubahan nyata dalam hidup kita, kita harus terlebih dahulu memulai dengan belajar bagaimana secara efisien mengelola waktu anda. Siapa pun yang mengetahui bagaimana mengelola waktu, akan juga mengetahui bagaimana mengelola hidup. Manajemen waktu yang baik adalah tentang prioritas yang tepat, baru setelah itu tercipta manajemen yang tepat untuk hidup kita. Kualitas hidup kita tergantung pada manajemen yang cerdas dari waktu kita dan bukan oleh jumlah energi yang kita konsumsi pada apa yang kita lakukan. (Sumber ; dari berbagai sumber)

Penulis: 
Ardiansyah
Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi

Artikel

01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi