MANFAAT LAIN MULTI BAHASA

Dewasa ini, kemampuan multi bahasa merupakan kebutuhan tak terbantahkan di dunia kerja. Karyawan tidak hanya dituntut untuk menguasai satu bahasa asing, melainkan banyak bahasa. Selain meningkatkan kredibilitas dan kompetensi, penguasaan bahasa asing juga dapat membuat karier melesat. Hal ini berlaku juga bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau sebutan lain sekarang ini adalah Aparatur Sipil Negara (ASN).

Memiliki kemampuan multi bahasa atau bilingualitas tidak hanya memberikan dampak positif bagi kemajuan karier, namun juga memberikan manfaat positif bagi otak. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya :

  1. Mencegah kepikunan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of California, AS pada tahun 2012 ditemukan, peserta yanga memiliki kemampuan dua bahasa asing lebih lambat mengalami penurunan fungsi kognitif, seperti kepikunan atau penyakit Alzheimeir.
  2. Meningkatkan kognitif: penelitian telah menunjukkan, memiliki kemampuan multi bahasa atau bilingual dapat meningkatkan ketrampilan kognitif dan melatih otak untuk tetap dalam kondisi prima.
  3. Lebih cerdas. Mereka yang bisa berbicara dua atau lebih bahasa memiliki kadar fungsi kognitif lebih tinggi, lebih mahir memecahkan masalah, lebih matang dalam perencanaan dan sebagainya. (NYTimes.com, 2014).
  4. Menguasai lebih dari multi bahasa tidak sekedar memahami bahasa yang digunakan, namun juga memahami nilai-nilai budaya kebiasaan dan iklim organisasi.
  5. Karyawan yang menguasai multi bahasa kerap dipercaya untuk tugas luar negeri, sering dilibatkan dalam urusan korporasi, perjanjian bisnis dan turut mengambil tanggung jawab.

Untuk yang ingin meningkatkan karier atau menjajaki karier di negara lain mulai dari sekarang kuasailah lebih dari dua bahasa. (Bahan : dari berbagai sumber)

Penulis: 
Adwin
Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi

Artikel

01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi