LAUNCHING SUNGAILIAT TRIATHLON 2016

Acara wisata olahraga (sport tourism) Sungailiat Triathlon 2016 akan diadakan di Bangka Belitung, 23 April 2016 mendatang.  Menteri Pariwisata, Arief Yahya telah melaunching langsung acara tersebut di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, pada hari Selasa tanggal 19 April 2016. Sungailiat Triathlon 2016 ini memang mendapat perhatian besar dari Kementerian Pariwisata. Maklum, partisipan yang akan mengikuti acara ini berasal dari 19 negara yaitu Algeria, Australia, Austria, Kanada, Belanda, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Romania, Singapore, Spanyol, Swedia, Inggris, Amerika Serikat dan Indonesia. Total pesertanya, 687 orang.

Ratusan peserta itu dikelompokkan ke dalam tiga kategori. Ada yang  Long Distance dengan jarak tempuh renang sejauh 1,9 km, sepeda 90 km dan lari 10 km. Standart Distance dengan jarak tempuh renang sejauh 1,5 km, sepeda 40 km, dan lari 10 km. Satu kategori lainnya adalah Sprint Distance dengan jarak tempuh renang 0,75 km, sepeda 20 km dan lari 5 km. Rute dalam triathlon ini akan melewati objek wisata unggulan antara lain Pantai Teluk Uber, Pantai Tanjung Pesona, Pantai Tikus, Puri Tri Agung, Agro Wisata Rebo, Pantai Rebo, Pantai Mang Kalok, Pantai Air Anyir, dan Pantai Temberan.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Bapak Rustam Effendi menjelaskan bahwa kegiatan Sungailiat Triathlon ini telah dilaksanakan mulai dari tahun 2013. Penyelenggaraan tahun keempat ini bersamaan dengan HUT Kota Sungailiat yang ke 250 tahun. Dari data Provinsi Bangka Belitung, trend kunjungan wisatawan yang datang ke Bangka untuk menyaksikan event Sungailiat Triathlon terus meningkat. Tahun 2014 ada 400 wisnus dan 75 wisman yang datang menyaksikan sport tourism ini. Tahun 2015, jumlahnya meningkat menjadi 700 wisnus dan 180 wisman. Sementara di 2016, Kementerian Pariwisata memancang target 1,200 wisnus dan 400 wisman.

Mari kita doakan, semoga acara Sungailiat Triathlon yang keempat ini berlangsung lancar dan sukses..aamiin.. (Sumber : Dari berbagai sumber).

Sumber: 
Kantor Perwakilan
Penulis: 
Nina
Fotografer: 
Pongky
Editor: 
Prima Indrasari