Kemeriahan Tahun Baru Imlek di Bangka

            Imlek adalah hari perayaan Tahun Baru Cina. Imlek dirayakan setiap tanggal 1 bulan pertama menurut kalender Cina. Ini adalah tradisi konfucian untuk berdoa di hari kelahiran Kongzhi Nabi Agama Konghucu. Sedangkan, Cap Go Meh melambangkan hari ke-15 dan merupakan hari terakhir dari perayaan Imlek bagi masyarakat Tionghoa. Cap Go Meh dilaksanakan di Vihara Kwan Tie dan Kampung Bintang atau Nai Si Fuk di Pangkalpinang. Tahun Baru Imlek dirayakan warga Tionghoa di Kabupaten Bangka besar-besaran layaknya Hari Raya Idul Fitri bagi umat muslim. Biasanya di hari Imlek, warga akan melakukan open house dengan menyediakan beragam hidangan seperti lebaran. Mulai dari makanan khas Bangka seperti pempek, tekwan, model, mie Bangka, bakwan dan ketupat. Karakterisitik masyarakat multi etnis di Bangka sangat mendukung sehingga warga merayakannya bersama warga lain, sebagai momen memperkuat dan melestarikan silaturahmi atau persaudaraan, baik antar sesama etnis yang satu kepercayaan maupun masyarakat pada umumnya. Saat Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Natal atau Tahun Baru Imlek di Bangka, warga terbiasa saling berkunjung. Apalagi banyak juga warga Tionghoa menganut agama Islam atau Kristen. Kebiasan ini sudah dilakukan turun temurun pakai baju baru dan lainnya.

            Kalimat Gong Xi Fa Chai yang benar memiliki arti "Selamat Sejahtera". Sejarah singkat pemberian nama "Gong Xi Fa Chai" berawal dari kata "Gong Xi" yang memiliki arti selamat karena penduduk Tiongkok pada zaman dulu selamat dari binatang buas. Lalu kata "Fa Chai" memiliki sejarah dari sebuah kesejahteraan yang seiring perkembangan zaman semakin baik di tengah masyarakat Tionghoa. Sementara untuk ucapan "Selamat Tahun Baru Imlek" diucapkan dengan kata-kata "Xin Nian Kuai Le". 

            Pada tahun ini bertepatan dengan shio ayam api. Anda yang memiliki tahun lahir 12 tahun sebelumnya dan seterusnya merupakan orang yang bershio ayam. Masing-masing shio memiliki keberuntungan masing-masing pada tahun ini. Orang yang lahir di tahun ayam merupakan pribadi yang jujur, enerjik, cerdas, fleksibel dan percaya diri. Anda adalah pekerja keras, menggunakan akal, percaya diri dan berbakat. Selain itu Anda juga bersifat aktif dalam berbicara dan menarik membuat Anda populer dilingkungan sekitar. Anda yang memiliki shio ayam akan bahagia ketika berada di suatu perkumpulan dan menjadi sorotan. Meskipun Anda yang bershio ayam lahir dengan keterampilan yang dapat dijadikan pedoman, Anda masih memiliki beberapa kekurangan, seperti sombong, cenderung membual tentang pencapaian Anda, dan mubazir dalam beberapa hal.

Penulis: 
Sulemi
Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi

Artikel

01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi