Kementerian Pertanian RI mendukung Bangka Belitung menjadi daerah pusat pertanian lada

Kementerian Pertanian RI menginginkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi daerah pusat pertanian lada.

Tak hanya motivasi semangat diberikan Kementan, pasalnya sejumlah bantuan pertanian bakal masuk ke Babel.

Alhamdulillah sudah ada persetujuan dari Kementan RI untuk menganggarkan dana bagi pengembangan daerah pusat pertanian lada di Babel.

Dana tersebut diperuntukan mebeli enam juta bibit lada, dan penganggaran dilakukan Kementan tahun depan.

Bangka Belitung akan terus mendapatkan bantuan bibit lada dari Kementerian Pertanian. Tambahan bibit lada ini atas pertimbangan keunggulan Babel sebagai pusat lada dunia.

Mentan juga akan membantu permodalan perkebunan lada melalui KUR. Ke depan pertanian lada akan menjadi komoditi unggulan bagi Bangka Belitung, hal ini sudah mendapatkan dukungan pemerintah pusat.

Semangat kita mengembangkan dan menggali potensi perkebunan lada membuat kagum Menteri Pertanian (Mentan) RI Amran Sulaiman. Berkat semangat ini, Mentan berjanji memprioritaskan pengembangan lada ke Babel.

Rencananya Mentan Amran akan mengunjungi Babel untuk melepas ekspor perdana lada dari Babel.

Mentan Amran berharap Bangka Belitung bisa menyusul prestasi yang dirain Gorontalo. Namun jika Gorontalo provinsi jagung, sedangkan Babel dikenal sebagai provinsi lada. Babel telah diberikan kelebihan alam dengan potensi agroklimat yang belum tentu dimiliki daerah lain.

Potensi tersebut membuat lada yang dihasilkan memiliki ciri khas tersendiri dan dikenal dengan “muntok white pepper” di dunia internasional.

Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi
Penulis: 
Adwin Mahyudi
Fotografer: 
Hendrik Timora Sakti
Editor: 
Prima Indrasari