KEIKUTSERTAAN BANGKA BELITUNG PADA ACARA BAZAR NUSANTARA EXPO DI HUT TMII

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-42, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah menyelenggarakan ‘Pekan Peringatan HUT ke-42, yang telah digelar pada tanggal 16 – 23 April 2017. Direktur Utama TMII A.J. Bambang Soetanto menyampaikan, tema yang diusung kali ini berbunyi ‘Perwujudan Keragaman Budaya sebagai Perekat Persatuan dan Kesatuan Bangsa’. Tema itu dipilih sebagai bentuk pertanggungjawaban TMII yang menjadi lembaga pelestarian budaya Indonesia. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga turut meramaikan Pekan Ulang Tahun Taman Mini Indonesia Indah yang ke-42 dengan membuka stand kuliner dan stand expo pada Bazar Nusantara Expo yang bertempat di Pelataran dan didalam Gedung Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah.

Bazar Nusantara Expo ini dibuka mulai dari tanggal 20 – 23 April 2017. Pada stand Expo, terdapat kerupuk ikan, kricu, getas, kemplang ikan khas Bangka Belitung dan kerajinan batu satam serta akar bahar yang dibawa langsung dari Kota Pangkalpinang untuk dipamerkan dan dijual. Sedangkan pada stand Kuliner, terdapat kue yet-yet, pempek dan otak-otak ikan tenggiri, kerupuk ikan, kricu, getas, kemplang ikan khas Bangka Belitung yang dijual.

Kerupuk-kerupuk khas Bangka Belitung juga laris diborong oleh pengunjung, mereka senang dengan kerupuk khas Bangka Belitung yang asli didatangkan dari Bangka Belitung.

Dengan adanya Bazar Nusantara Expo ini, masyarakat dapat lebih mengenal kerajinan dan makanan khas dari seluruh provinsi di Indonesia. Makanan tradisional dari berbagai daerah yang jarang ada di Jakarta juga terdapat di Festival Kuliner ini. Dengan adanya Pameran Expo dan Festival Kuliner ini, diharapkan kebudayaan dan tradisi dari berbagai daerah di Indonesia tetap dilestarikan dan dikenalkan kepada masyarakat luas.

Pameran Expo ini juga dinilai oleh juri perlombaan Pekan Ulang Tahun TMII, stand yang paling menarik, indah dan kreatif akan menjadi pemenangnya. Sedangkan untuk Festival Kuliner Nusantara, masakan khas daerah juga dinilai, acara yang diikuti 33 peserta anjungan, juri masakan yaitu Rudi Choirudin yang merupakan pakar kuliner.

Pengunjung yang hadir dalam festival kuliner mengatakan senang dengan kegiatan ini, karena dapat diketahui oleh umum aneka macam tradisi yang dikemas dalam Bazar Nusantara Expo dan masih hidup dimasyarakat, serta masakan unggulan khas daerah masing-masing dengan berbagai corak warna dan rasa, sehingga menjadikan daya tarik tersendiri untuk pengembangan pariwisata.

Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi
Penulis: 
Adwin
Fotografer: 
Wiji Lestari
Editor: 
Prima Indrasari