HAL-HAL YANG HARUS DIHINDARI SEHABIS MAKAN

1. Berjalan

Dapat mengakibatkan refluks asam dan ngangguan pencernaan. Organ pencernaan juga akan bekerja keras dan sulit menyerap nutrisi makanan. Sebaiknya dilakukan sekitar 10-30 menit sehabis makan

2. Merokok 

Kandungan karsinogen, yakni zat yang menyebakan kanker dan nikotin dalam rokok dapat menggangu sistem pencernaan. Ditambah lagi, sirkulasi darah setelah makan meningkat drastis, sehingga dapat menyebakan kerusakan pada otot, usus besar, paru-paru, ginjal dan sakit maag.

3. Tidur

Dapat menghambat makanan masuk kedalam organ pencernaan, sehingga menyebakan asam lambung meningkat. Resiko obesitas juga bisa neningkat. Sebaiknya baru dilakukan dua jam sehabis makan.

4. Minum Teh

Teh mengandun polifenol dan tanin yang dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi dari makanan yang telah dikonsumsi. Sebaiknya 1 jam setelah makan.

5. Makan Buah

Dapat menganggu sistem pencernaan dan merusak sisa makanan di perut. Sebaiknya satu jam setelah habis makan atau sebelum makan.

(bahan : dari berbagi sumber)

Penulis: 
Nina
Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi

Artikel

01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi
01/12/2018 | Badan Penghubung Provinsi