Gubernur Turun Langsung Bahas Rundown Kunjungan Presiden RI

Rencana Destinasi Kunjungan Presiden RI ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam Rangka Hari Konsumen Nasional 2018 menjadi salah satu event yang dinanti-nantikan masyarakat Bangka Belitung. Sebagai buktinya setelah menyurati Presiden RI terkait kesediannya untuk menghadiri Harkonas 2018 di Bangka Belitung, Gubernur juga turun langsung dalam membahas rundown acara yang dijadwalkan berlangsung dari tanggal 22 s.d. 24 April 2018 ini. Rapat tersebut berlangsung tepat pukul 10.00 wib di Ruang Rapat Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Gedung 1 Lantai 12. (Rabu, 28/03/2018)

Gubernur yang didampingi oleh Assisten Perekonomian dan Pembangunan serta Kepala Disperindag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan bahwa ada 2 alternatif rundown yang diajukan. Alternatif pertama yaitu Kunjungan Presiden dilaksanakan dalam 1 hari, dan alternative kedua yaitu Presiden disarankan untuk bermalam di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam pertemuan yang dipimpin langsung oleh Plt. Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga ini dibahas ada beberapa destinasi yang akan dikunjungi Presiden nantinya, diantaranya : Bandara baru Depati Amir, Alun-Alun Taman Merdeka, Jembatan Emas, Perkebunan Lada, dan GOR Sahabudin.  Selain itu serangkaian acara pun turut dipersiapkan diantaranya : Jalan santai, pasar murah, pameran, talk show, serta acara puncak Harkonas 2018.  Dengan demikian, Gubernur sangat berharap Presiden berkenan untuk menginap di Negeri Laskar Pelangi ini.

Menanggapi hal tersebut, Plt. Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga menyampaikan bahwasanya pada akhirnya rundown yang akan diajukan ke pihak Kepresidenan nantinya adalah rundown yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak (pusat dan pemprov). Hal ini dikarenakan nantinya rundown tersebut akan ditelaah kembali oleh pihak protokoler istana Negara. Sehingga ada baiknya dalam penyusunan kegiatan perlu diperhatikan focus acara yang bersangkutan, yaitu “Pertumbuhan Ekonomi’.

Selain itu, mengingat kebiasaan Presiden yang senang berinteraksi secara langsung dengan masyarakat sekitar,  Plt. Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga menyarankan agar dijadwalkan pula kunjungan ke pasar-pasar rakyat khususnya yang menyiapkan barang-barang kebutuhan pokok.

Pada akhirnya, Inti dari pertemuan ini  yaitu untuk menyamakan persepsi antara pemerintah pusat dengan pemerintah provinsi.

Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi
Penulis: 
Nurul Ihsan
Fotografer: 
Istari
Editor: 
Prima Indrasari