GUBERNUR KEPULAUAN BANGKA BELITUNG DATANG KE KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung di dampingi Kepala Dinas Perindustrian, Kepala BKPM & Pelayanan Satu Pintu Audensi dengan Menteri Perindustrian pada hari Kamis 1 November 2018 pukul 16.00 WIB bertempat di Ruang Rapat Menteri Perindustrian dalam rangka Industrilisasi Industri Hilir Timah dan Mineral Ikutan Logam Timah Jarang mendapatkan dukungan, sedangkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kaya akan mineral timah.

Salah satu industri hilir timah adalah Tin Solder, saat ini ada industri dari Taiwan yang akan berinvetasi membangun pabrik Tin Solder di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.  Selain industri hilir timah, Slog Timah (limbah timah) mengandung mineral ikutan logam Timah Jarang (LTJ) yang sangat strategis dan mahal. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  bersama perusahaan strategis negara PT Pindad sedang menjajaki pendirian industri Baterai di Bangka Belitung. Mineral Ikutan Timah seperti Monazite, Xenotime dan Zircon sangat potensial untuk dikembangkan.

Menurut Menteri Perindustrian pada prinsipnya sangat mendukung pendirian dan pembangunan Pabrik Tin Solder di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung termasuk jika memungkinkan perusahaan di Taiwan bisa merelokasikan industri yang ada di Taiwan ke Bangka Belitung, harapannya Kementerian Perindustrian bisa mendukung dari segi pembangunan industri dan regulasi kebijakan untuk hilirasi Timah dan Logam Tanah Jarang.

"Tindak lanjut dari pertemuan ini akan diadakan survey ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang melibatkan balai besar Logam dan Mesin Kementerian Perindustrian, Biro Hukum Kementerian Perindustrian, Direktorat Logam Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan dan BAPPETEN", ujar Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Erzaldi Rosman).

Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi
Penulis: 
Muhamad Ali
Fotografer: 
Hendrik Timora Sakti
Editor: 
Prima Indrasari