Gubernur : Jadikan Momen Halal Bihalal untuk Pererat Silahturahim

Bandung, Jawa Barat – Masih dalam suasana Idul Fitri 1 Syawal 1436 Hijriah warga Bangka Belitung yang berdomisili di seputaran Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) dan juga yang bertempat tinggal di Bandung dan sekitarnya pada Minggu (02/08/15) meramaikan acara Halal Bihalal dan Silahturahmi Masyarakat Bangka Belitung Tahun 2015 yang berlangsung di Bumi Samami Dago Bandung Provinsi Jawa Barat. Acara ini diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Kantor Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Jakarta. Turut hadir pada acara tersebut Gubernur Kepulauan Bangka Belitung H. Rustam Effendi dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Hidayat Arsani serta sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pejabat Pemerintah Kabupaten/Kota se-Babel, tokoh-tokoh masyarakat Babel yang ada di perantauan serta beberapa tamu dari pemerintah setempat.

Tema yang diangkat pada Halal Bihalal dan Silahturahmi Masyarakat Bangka Belitung Tahun 2015 ini adalah “Melalui Halal Bihalal Kita Tingkatkan Semangat Kebersamaan dan Persatuan Masyarakat Bangka Belitung di Perantauan serta Ikut Berpartisipasi dalam Pembangunan Daerah”.

Dikatakan oleh Kepala Kantor Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Jakarta Ardiansyah Lubis selaku Ketua Panitia Penyelenggara tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan tali silahturahmi serta persaudaraan bagi masyarakat yang berasal dari Bangka Belitung yang tinggal di luar pulau Bangka Belitung untuk menanamkan kecintaan terhadap daerah asal guna memberikan kontribusi kemajuan pembangunan dan perkembangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan juga untuk mengobati rasa rindu terhadap kampung halaman.

Salah satu tokoh masyarakat Babel yang sudah menetap dan bertempat tinggal di Bandung Prof. Said Hamid Hasan dalam sambutannya mengatakan pada dasarnya masyarakat Babel yang ada di Bandung dan sekitarnya adalah sama dengan masyarakat Babel yang ada di Bangka dan Belitung.

“Persaudaraan masyarakat Bangka Belitung yang ada di Bangka dan Belitung maupun yang berada di luar Bangka dan Belitung merupakan kekuatan yang sangat baik yang menggambarkan keberagaman masyarakat sehingga kalau ada yang ingin belajar tentang bhineka tunggal ika sebaiknya mempelajarinya pada masyarakat Bangka dan Belitung cara berhubungan satu dengan yang lainnya termasuk cara masyarakat Bangka Belitung menerima orang luar”, lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama Gubernur Kepulauan Bangka Belitung H. Rustam Efendi dalam sambutannya mengajak masyarakat Bangka Belitung termasuk yang sedang diperantauan untuk ikut menyumbangkan pemikiran-pemikiran kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung demi kemajuan Negeri Serumpun Sebalai.

 “Saat ini Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sedang menggiatkan 3 (tiga) sektor unggulan yakni sektor energi, sektor pariwisata serta sektor kelautan dan perikanan sehingga tiga sektor ini dapat menggantikan masa kejayaan timah atau pasca timah yang menjadi perhatian kita bersama sehingga dapat mensejahterakan masyarakat Bangka Belitung”, ungkap Gubernur.

Pemerintah Kabupaten/Kota se-Bangka Belitung pada kegiatan ini juga terlibat langsung dengan berpartisipasi menyediakan makanan khas daerah masing-masing seperti empek-empek dan otak-otak Belinyu, mie Belitung serta makanan-makanan ringan lainnya. Berlangsung juga pameran makanan khas Bangka Belitung seperti aneka kerupuk, bumbu-bumbu dapur dan aneka olahan ikan yang masih mentah ataupun sudah siap saji sehingga bagi masyarakat yang merindukan makanan-makanan tersebut bisa membelinya dipameran ini. (14L)

 

Sumber: 
Humas Pemprov
Penulis: 
Humas Pemprov
Fotografer: 
Humas Pemprov
Editor: 
Humas Pemprov