Gubernur Erzaldi Hadiri Pembahasan Tindak Lanjut HGU di BKKBN Pusat

Jakarta –  Pembahasan tentang tindaklanjut hasil pertemuan dan kesepakatan bersama para Kepala Desa terhadap Lahan Plasma yang ada di dalam Hak Guna Usaha (HGU) Perkebunan Swasta PT. STEELINDO WAHANA PERKASA  DAN PT. PARIT SEMBADA Kabupaten Belitung Timur dihadiri oleh Gubernur Babel, Erzaldi Rosman di Kantor BKKBN Pusat Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Dalam rapat Gubernur memberikan arahan agar lahan plasma yang akan diminta dalam HGU tidak melanggar Undang-undang yang berlaku sesuai kesepakatan yang telah dibuat para Kepala Desa. Lahan yang telah diukur oleh BPN RI diluar HGU dapat dijadikan plasma untuk masyarakat dan didata masyarakatnya.

Gubernur juga mengharapkan Kepala Desa Buding, Air Kelik, Mayung dan Senyubuk untuk mendata perkebunan kelapa sawit yang telah diukur oleh pihak BPN RI.

Kakanwil BPN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan bahwa lahan yang diukur sesuai dengan yang dimohon dan dari ketiga sertifikat yang dilakukan pengukuran, ada kebun diluar HGU milik perusahaan dan sudah dilakukan pengukuran oleh BPN RI beserta tim dengan luas lebih kurang 20 Hektar dan di dalam HGU ada kebun masyarakat terpisah dengan luas lebih kurang 11 Hektar.

Kepala Desa Buding mengajukan keberatan dan penjelasan yang disampaikan BPN RI tentang adanya selisih antara lahan dalam HGU yang lama lebih kurang 200 Hektar dengan alasan bahwa lahan tersebut masuk dalam kawasan hutan.

Lahan yang ada selisih hasil pengukuran BPN RI di dalam HGU dan luar HGU lebih kurang 200 Hektar didalam kawasan Hutan Gunung Serpang agar di lakukan pengecekan dan peninjauan bersama di lapangan untuk membuktikan kebenarannya. Mari kita bersama sama untuk akurasi data antara perusahaan sawit dan desa dengan hasil pengukuran dan dinegosiasikan bersama di Lokasi ,”ujar Gubernur Erzaldi.

Dan nanti setelah diadakan pengecekan dilanjutkan dengan pertemuan sekaligus memaparkan hasil pengukuran kepada Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Daerah Kebupaten Belitung Timur serta Kepala Desa di Kabupaten Belitung Timur.

Turut hadir dalam pembahasan HGU Bupati Belitung Timur, beserta Camat dan Kepala Desa yang ada di Kabupaten Belitung Timur, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan desa, Kepala Dinas Pertanian  dan Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta Direktur Pengukuran dan Pemetaan Kadastral BPN RI Jakarta beserta Direktur Penetapan Hak BPNRI Jakarta.

Sumber: 
Badan Penghubung
Penulis: 
Rahimah
Fotografer: 
Pongky
Editor: 
Pongky