Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menghadiri RE launching produk unggulan Provinsi

Gubernur beserta Ibu Gubernur  selaku Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menghadiri RE launching produk unggulan provinsi. Acara ini juga dihadiri oleh  Menteri Koperasi dan UMKM dan Gubernur Sumatera Barat.

Re-launching Produk Unggulan Provinsi diselenggarakan dengan menggandeng Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Kegiatan ini akan ditandai dengan pagelaran budaya, kuliner, dan berbagai atraksi budaya yang dikemas dalam “Smesco Minang Festival”.

Terdapat 4 kategori unggulandi Produk Unggulan Provinsi yang sudah direvitalisasi dengan konsep touring dan one stop shop in. Dan ada juga Stand Pameran Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diikuti oleh Dinas Koperasi dan UKM Kepulauan Bangka Belitung  yang menampilkan berbagai macam hasil kerajinan tangan ( hand made ) khas Bangka Belitung.

Dengan adanya peran serta pameran ini, maka bersyukurlah masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Alamnya yang cantik nan mempesona mampu memicut wisatawan berkunjung kesana. Jumlahnya pun meninngkat saban tahun. Tahun lalu, jumlah pelancong mencapai 367.084 atau naik sekitar 21,72% dibandingkan 2016 yang mencapai 359.901. Target baru lantas dicanangkan. Pada 2019, Babel diharapkan bisa meggaet sekitar 500 ribuwisatawan. Adapun jumlah turis asing per tahun mencapai 6 ribu hingga 7 ribu orang.

Kerja keras pemerintah setempat dengan memutar haluan dari tambang timah sebagai penghasilan utama masyarakat ke sektor pariwisata juga diikuti dengan dengan minat berinvestasi dari jumlah pengusaha asing. Akhir bulan lalu, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kedatangan lima investor asing yang berminat menanamkan uangnya disana. Mereka berasal dari Kanada, Malaysia, Singapura, Australia, dan India. Nilai investasi yang siap ditanam mencapai US$500 juta atau sekitar Rp.500 triliun.

Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi
Penulis: 
Muhamad Ali
Fotografer: 
Hendrik Timora Sakti
Editor: 
Prima Indrasari