Bunda PAUD Babel Melati Erzaldi Terima Penghargaan Nasional

JAKARTA - Bunda PAUD Bangka Belitung Melati Erzaldi memperoleh penghargaan sebagai Bunda PAUD berprestasi tingkat nasional 2019 atas kinerjanya sebagai Bunda PAUD yang berprestasi, berkontribusi dan sukses dalam melaksanakan tugasnya menjadi Bunda Paud di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bunda PAUD Babel yang juga istri Gubernur Babel Erzaldi Rosman, menerima penghargaan bersama 5 istri Gubernur dan 23 istri bupati/walikota di Indonesia yang diserahkan langsung oleh Ibu Wakil Presiden, Wuri Estu Handayani Ma’ruf Amien istri Menteri Dalam Negeri, Tri Tito Karnavian, dan istri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Franka Nadiem Makarim dengan menyematkan Pin Emas, di Balai Kartini Kartika Expo Center Jakarta, pada Senin (18/11/2019). Adapun Tema Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasinal 2019 ini yaitu ” Memantapkan Peran Bunda PAUD menuju PAUD Berkualitas”.

 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim dalam sambutannya mengatakan anak-anak mesti dibekali kemampuan beradaptasi dengan perubahan teknologi untuk menghadapi era yang dinamis. Kemampuan berpikir kritis dan analytical thinking pada anak perlu ditumbuhkan. "Oleh karena itu, kita harus membekali anak-anak kita dengan kemampuan beradaptasi yang mumpuni. Kita memberikan karakter, pengetahuan, dan keterampilan yang paling dibutuhkan di era sekarang dan masa depan

 

Menurut Nadiem, kualitas pendidikan karakter sebagian besar telah tertanam di masyarakat Indonesia. Semangat gotong royong dan tolerasi mesti dipupuk sebagai bekal pendidikan karakter. "Sebagian kita mesti kita tumbuhkan seperti berpikir kritis, dan analytical thinking. Bekal itu kita harus berikan sejak dini karena intervensi di usia dini akan membuat perbedaan jangka panjang yang bersifat permanen," tambahnya.

 

Nadiem menyebut PAUD (Pendidikan Anak Usioa Dini) dan Bunda PAUD berperan penting. Guru-guru da Bunda PAUD memiliki tugas mulia untuk membekali pendidikan untuk anak-anak sejak dini.

 

Ibu Wakil Presiden, Wuri Estu Handayani menyebutkan PAUD memiliki peran penting dalam mendidik anak seperti di bidang kedisiplinan, etos kerja, dan religiusitas. Dalam mendidik anak usia dini, peran guru dan orangtua sangat diperlukan. " Pendidikan karakter di usia dini akan menjadi dasar dan fondasi ke depannya. Oleh karena itu Bunda PAUD perannya penting sekali. Pentingnya pendidikan sejak dini, akan terus membekas," ujar Wuri.  

 

Pendidikan PAUD juga bisa menumbuhkan karakter unggul, dapat dipercaya, bertanggung jawab, dan adil. Proses pendidikan anak, lanjut Wuri, juga bisa dikemas secara menarik dan menyenangkan. "Sebisa mungkin hindari pendidikan kognitif," tambah Wuri.

 

Atas apresiasi yang diberikan tersebut, selaku Bunda PAUD Babel, Melati Erzaldi berterimakasih sekali dengan tim kerja Bunda Paud. “Kami punya tim kerja dan mereka - mereka yang luar biasa membantu dalam kegiatan dan meningkatkan kinerja saya sebagai Bunda Paud,”ujarnya.

Saya hadir di acara Apresiasi Bunda Paud Tingkat Nasional 2019 karena Bunda PAUD Babel masuk dalam 6 nominator yang mendapatkan apresiasi Bunda PAUD terbaik tingkat nasional setelah tim juri melakukan verifikasi di lapangan sesuai dengan profil yang kami kirimkan,” tutur Melati.

Dia juga menuturkan bahwa apresiasi ini menjadi barometer. InsyaALLAH sebagai bunda PAUD mempunyai peran dan fungsinya untuk mendorong bunda- bunda PAUD yang ada di Kabupaten, Kota,  Propinsi untuk meningkat kualitas PAUD yang ada di daerah masing masing.

Program andalan di bunda PAUD adalah majalah anak usia dini (MAUDI). Dimana  di dalamnya kotributor-kontributornya adalah bunda PAUD Kabupaten, Kecamatan, Desa dan pendidik pendidik PAUD. Disitu kami mewadahi para pendidik PAUD termasuk bunda PAUD untuk menulis dan mendorong mereka untuk berprestasi,”sebutnya.

Bunda PAUD mengatakan kedepan, terpilih atau tidak terpilih akan tetap terus konsisten dan istiqomah meningkatkan PAUD yang berkualitas di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Saya berharap apa yang menjadi program andala kami bisa berjalan secara konsisten.

Turut hadir pula dalam apresiasi ini Ibu Rita Aryani, Kepala Bidang Pembinaan dan Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung dan Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sumber: 
Badan Penghubung Prov. Babel
Penulis: 
Rahimah
Fotografer: 
Rahimah
Editor: 
Pongky

Berita Berdasarkan Kategori