BANGKA BELITUNG MENGIKUTI GELAR CITRA BUDAYA DI ANJUNGAN TERPADU TMII

Gelar Citra Budaya Tradisi serentak dilaksanakan di seluruh Anjungan Daerah TMII  pada  hari Minggu tanggal 24 April 2016 dalam rangka rangkaian peringatan HUT ke - 41 TMII . Anjungan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan bersama-sama dengan 7 Provinsi Pemekaran di Fasilitas Umum Anjungan Terpadu TMII.  Gelar Citra Budaya dimeriahkan oleh tampilan dari 7 Provinsi antara lain : Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Maluku Utara, Gorontalo, Kepulauan Riau, Sulawesi Barat dan Papua Barat.

Gelar Citra Budaya Tradisi dihadiri oleh Para Kepala Anjungan Daerah Terpadu, masyarakat daerah, pelajar, sanggar-sanggar tari  dan umum. Masing-masing Anjungan Daerah menampilkan beberapa jenis kesenian tradisional khas daerah, berupa tarian, seni musik dan tampilan lagu-lagu daerah.

Anjungan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menampilkan Seni Tari Kreasi yang dibawakan oleh Anggota Sanggar Tari Serumpun Sebalai Anjungan Daerah Bangka Belitung, menampilkan 2 Tarian, yaitu : Tari Gi Nyesah (pergi menyuci baju), sebuah tarian yang menceritakan miak-miak Bangka pergi menyuci baju pada pagi dan sore hari di sungai (kulong). Miak-miak Bangka menyuci baju sambil mandi disungai tersebut. Kostum penari menggunakan telesan/kain yang disimpit dibadan dan membawa ember yang diletakkan diatas kepala.

Tari berikutnya yang dibawakan berjudul Tari Bujang Miak Lah Dare, tarian ini menceritakan keceriaan pemuda dan pemudi Bangka Belitung yang .disebut bujang dan miak. Mereka bergerak dengan gerakan-gerakan yang lucu dan indah serta diikuti dengan lantunan musik Dambus. Tarian ini berpijak dari gerakan musik Dambus (alat musik tradisional Bangka Belitung) dengan menari berpasang-pasangan. Kedua tari kreasi ini diciptakan oleh Putra asli Pulau Bangka yang bernama Agus Yusmanyah, S. Kom, yang sering dipanggil dengan sebutan bang Manca.

Acara Gelar Citra Budaya Tradisi di Anjungan Terpadu ini dimulai pada pukul 9 pagi dan selesai pada pukul 3 sore. Dengan adanya acara Gelar Citra Budaya Tradisi di Anjungan Terpadu ini, maka masyarakat pada umumnya dapat mengetahui tarian-tarian dan kebudayaan Daerah dari 7 Provinsi Pemekaran.

Sumber: 
Kantor Perwakilan
Penulis: 
Monayati
Fotografer: 
Reza
Editor: 
Prima Indrasari