Bangka Belitung dalam Industri ThorCon

Jakarta - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah di dampingi Safari ANS, Staf Khusus Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menghadiri undangan dari ThorCon Internasional, Pte.Ltd, terkait perkembangan rencana kegiatan pembangunan PLTT di Kabupaten Bangka Barat dan Kabupaten Bangka Selatan, Jum'at (26/02/2021) Sore, di Hotel JS Luwansa Lt.1, HR.Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan.

Turut juga mendampingi Wagub Abdul Fatah, Mr. Satya Widhya Yudha, Mr. Basilo Dias Araujo, Mr. DR. IR. Dadan Kusdiana. M. Sc.dalam rangka beberapa kajian dan kegiatan oleh pemerintah kepada ThorCon pada tahun 2021 untuk memberikan informasi terkait perkembangan rencana kegiatan pembangunan PLTT di kabupaten Bangka Barat dan Kabupaten Bangka Selatan dengan hasil kajian bahwa struktur tanah di Kepulauan Bangka Belitung sangat layak untuk PLTT.  Struktur tanah cukup stabil dan bebas dari Gempa dan Kepulaan Bangka Belitung juga kaya akan bahan bakar Torium sekitar 121.500 Ton Cadangan Torium yang tersimpan yang dapat memberikan daya listrik sebesar 121 Ribu Giga Watt selama seribu tahun.

"Kita tahu bahwa saat ini total produksi listrik indonesia masih di bawah 40 Giga Watt. Mou juga sudah di laksanakan antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Kantor Perwakilan ThorCon Internasional di Indonesia," jelas Wagub Abdul Fatah.

"Untuk membangun industri pengolahan Torium di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terhadap hal ini Gubernur Bangka Belitung sudah mengusulkan kepada Menko bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia untuk pembangunan Prototipe PLTT di wilayah Provinsi Kep Babel, untuk itu Pemprov Kep. Babel menyampikan terima kasih dan Apresiasi atas di laksanakannya ThorCon Gathering sekaligus sebagai sinyal bahwa kita akan segera melalui tahapan lanjut pembangunan Prototipe PLTT di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," ucap Wagub Abdul Fatah.

Sumber: 
Badan Penghubung
Penulis: 
Muhamad Ali
Fotografer: 
H.Rustam
Editor: 
Hendrik Timora Sakti,SH,MM