Babel Terima Lembar Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2019

Jakarta – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menerima sertifikat Warisan Budaya Takbenda Indonesia (WBTB) 2019 pada acara Apresiasi Penetapan WBTB Indonesia 2019 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Selasa (8/10/2019) malam di Istora Senayan Gelora Bung Karno, Jakarta.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung diwakili Wakil Gubernur Abdul Fatah menerima sertifikat yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo. Kegiatan ini dibuka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy.

Wagub Babel mengatakan Provinsi Kepulauan Babel mendapatkan Lembar Warisan Budaya Takbenda dikarenakan Kepulauan Babel mempunyai tradisi dan ekspresi lisan, seni pertunjukan,adat istiadat masyarakat dan kemahiran kerajinan tradisional.

Direktorat warisan dan diplomasi budaya, Ditjen kebudayaan kementerian pendidikan dan kebudayaan mempunyai tugas pokok dan fungsi melakukan pencatatan dan penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia. Kegiatan penetapan ini dilakukan sebagai upaya perlindungan dan pelestarian karya budaya Takbenda yang ada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penetapan ini melibatkan semua pihak seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat tradisi, adat perorangan dan berbagai pihak. Diharapkan kepedulian masyarakat akan pentingnya pelestarian Warisan Budaya Takbenda Indonesia akan semakin meningkat.

Kemendikbud menetapkan sebanyak 267 warisan budaya Takbenda pada 2019. Warisan budaya tak benda itu terdiri dari berbagai macam jenis, mulai seni tari, seni pertunjukan, tradisi, pengetahuan, adat istiadat, permainan tradisional, dan lainnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof Muhajir Effendy menyampaikan keberadaan budaya telah menjadi perhatian seluruh dunia dan terus didorong untuk melestarikan dan memajukan warisan Budaya Takbenda tersebut dan apa yang telah kita lakukan merupakan komitmen dan terus-menerus dengan UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan menjadi landasan kuat membawa kemajuan sektor kebudayaan.

Pada Kesempatan ini Muhajir meminta pemerintah daerah untuk memajukan kebudayaan di daerahnya misalnya dengan mengadakan pekan kebudayaan di daerahnya.
Sementara Mendagri Tjahjo kumolo dalam sambutannya menyampaikan kepada Kepala daerah yang mendapatkan sertifikat penetapan warisan budaya tak benda Indonesia ini, agar segera mempatenkan hal tersebut di Kementerian Hukum dan HAM RI.

“ Jangan sampai apa yang menjadi budaya kita diakui oleh Negara lainnya. Contohnya sudah ada beberapa budaya asli Indonesia yang diakui oleh Negara lainnya,” kata Tjahjo.

Wagub Babel Abdul Fatah mengungkapkan terima kasih kepada Kemendikbud yang juga memberikan Lembar Warisan Budaya Tak Benda kepada Babel dan berharap apa yang diterima ini akan menjadi pemacu Babel untuk lebih melindungi lagi warisan budaya tak benda yang dimiliki Babel, melalui inventarisasi, pengamanan, penyelamatan, dan publikasi objek pemajuan kebudayaan.

Sumber: 
Badan Penghubung
Penulis: 
Rahimah
Fotografer: 
Pongky
Editor: 
Pongky