ASIAN GAMES

Jelang pelaksanaan pesta olahraga terbesar se-Asia pada 18 Agustus 2018, Indonesia selaku Tuan Rumah Penyelenggara diketahui sudah menyiapkan sarana dan prasaranya, mulai dari infrastruktur, sumber daya manusia, hingga unsur-unsur pendukung lainnya. Jakarta kini mengakomodasi 45 negara yang bersaing di 40 cabang olah raga dengan 462 nomor pertandingan.

Asian Games 2018 merupakan gelaran Asian Games pertama yang diadakan di dua kota berbeda. Kenyataannya, pesta olah raga itu tidak hanya mengandalkan Jakarta dan Palembang, tapi juga Bandung, Bogor dan Bekasi di Jawa Barat. Adapun Jakarta akan mengakomodasi jumlah cabang olah raga terbanyak.Penyebaran lokasi kompetisi dilakukan guna mengurangi tekanan persiapan dalam empat tahun. Bagaimanapun, melalui Asian Games kali ini, Jakarta menjadi kota ketiga yang menjadi tuan rumah dua kali. Kota yang paling sering menjadi tuan rumah adalah Bangkok, Thailand, dengan empat kali.

Indonesia adalah satu-satunya negara di Asia yang dua kali menggelar Asian Games di bawah garis khatulistiwa. Perhelatan pertama di Jakarta pada 1962, yang kedua di Jakarta dan Palembang pada 2018. Asian Games digelar di Jakarta dan Palembang, estafet obor akan dimulai dari ibu kota India, New Delhi, untuk mengenang Asian Games pertama pada 1951. Api estafet akan dinyalakan di Stadion Nasional Major Dhyanchand dengan mengandalkan cermin parabola yang diarahkan ke matahari. Api tersebut kemudian akan dibawa menggunakan pesawat menuju Indonesia, seperti yang dilakukan Olimpiade London pada 2012. Sesampainya di Indonesia, obor Asian Games tersebut akan diarak melalui 12 provinsi dan 36 kabupaten dengan didampingi 45 perwakilan selama 18 Juli hingga 17 Agustus. Tepat pada Hari Kemerdekaan 17 Agustus, tiba di Monumen Nasional, Jakarta, yang kemudian akan dibawa ke Stadion Gelora Bung Karno—tempat upacara pembukaan bakal berlangsung.

Asian Games ajang ini akan berdampak positif bagi infrastruktur, pariwisata, dan lapangan pekerjaan di Indonesia. Intinya, ekonomi Indonesia bakal terangkat oleh Asian Games. Dampak Asian Games 2018 ini bisa sebagai national branding, yaitu bentuk promosi untuk visit Indonesia. Selain itu juga akan mempromosikan budaya dan apa itu Indonesia kepada publik dunia.

Pada pembukaan Asian Games 2018 menyita perhatian publik. Pada pembukaan tersebut, Jokowi tampil dalam sebuah video mengendarai motor gede atau moge. Video itu bahkan viral kemudian. Aksi Jokowi dalam video itu memang tidak biasa. Jokowi mengendarai moge dengan kecepatan tinggi.

Dalam sebuah cuplikan, bahkan memperlihatkan Jokowi dengan motornya melompat tinggi.
Tentu saja, yang mengendarai motor itu bukan Jokowi asli. Pengendara moge dalam video itu diperankan oleh pemeran pengganti alias stuntman.

Keren, bangga, megah, dan meriah, itulah beberapa kata yang bisa mewakili acara pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan.Serangkaian acara yang telah disiapkan tak hentinya membuat kita melongo dengan hadirnya 5.500 pengisi acara dan 141 musisi. Salah satu yang menarik perhatian adalah ribuan penari membawakan tarian Ratoh Jaroe asal Aceh.

Tari Ratoh Jaroe memang kerap kita lihat dalam perhelatan penting, tapi kemarin mereka tampil sangat spesial dan istimewa. Di balik kekompakanya yang selalu tampak seirama, inilah beberapa fakta unik seputar tari Ratoh Jaroe.

 

Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi
Penulis: 
Ardiansyah
Fotografer: 
Aris Rusiady
Editor: 
Prima Indrasari