ANJUNGAN DAERAH PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG IKUT SEMARAKKAN HARI ULANG TAHUN TAMAN MINI INDONESIA INDAH (TMII) KE - 41

JAKARTA – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) kini memasuki usia ke-41. Dalam menyambut hari ulang tahunnya (HUT), pihak manajemen pengelola TMII merayakannya dengan menggelar serangkaian acara menarik yang sayang sekali kalau dilewatkan.

Bertepatan dengan HUT TMII, pada hari Rabu tanggal 20 April dan hari Minggu, tanggal  24 April 2016, pengunjung yang akan masuk ke area TMII mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB akan digratiskan. Selain itu pihak pengelola juga memberikan keuntungan bagi pengunjung yaitu jika membeli satu tiket akan memberikan satu tiket gratis yang berlaku mulai tanggal 17-24 April 2016.

Pada  tahun ini Pemerintah Aceh mendapat giliran melalui Anjungan Provinsi Nagroe Aceh Darussalam di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk menjadi tuan rumah pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-41 taman tersebut di Jakarta pada 17 – 24 April 2016. Ada empat tanggal utama dalam sepekan itu. Perayaan HUT TMII, yaitu, tanggal 17 April sebagai pembukaan HUT TMII ke-41, tanggal 19 April ‘Selametan bersama’, tanggal 20 April  2016 Puncak Acara, dan tanggal 24 April merupakan ‘Penutupan Pekan HUT TMII ke-41.

Acara tahunan yang diikuti oleh seluruh propinsi di Indonesia ini direncanakan akan dibuka oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan pada acara puncak akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dengan penampilan seni dan budaya Aceh. Pembukaan Pekan Peringatan Hari ulang tahun ke 41 pada hari Minggu 17 April 2016 pada pukul 15.00 Wib bertempat di Kuncungan Pendopo Agung Sasono Utomo Taman Mini Indonesia indah dengan menyaksikan Banyuwangi Ethno Carnival.

Tema yang diusung untuk HUT TMII kali ini yaitu, ‘Taman Mini Indonesia Indah Wahana Pelestarian Budaya Untuk Memperkokoh Kebhinakaan dan Membangun Karakter Bangsa’. TMII siap menyuguhkan Citra Budaya Tradisi 34 provinsi di Indonesia yang akan berlangsung mulai 17-24 April 2016. Serangkaian acara digelar bersamaan dengan libur panjang akhir pekan, yakni libur Paskah antara lain semarak pagelaran busana daerah, Festival Kuliner Nusantara, Lomba Seni, Pawai Budaya Nusantara dan sebagainya.

Pada hari Rabu tanggal 20 April 2016 Pukul 19.00 WIB bertempat di Teater Bhinneka Tunggal Ika TMII menyaksikan Pagelaran Seni Budaya Aceh Sendratari Laksamana Keumalahayati dan Tari Ranub Lampuan.

Pemerintah Aceh akan menampilkan tarian kolosal sebanyak 6000 lebih penari yang akan menari ‘Ratoh Jaroe’ secara massal di Plaza Tugu Api Pancasila TMII yang akan dilaksanakan pada 24 April 2016. Selain itu untuk memperingati HUT TMII ke-41 akan dilaksanakan acara puncak pada tanggal 24 April 2016 pada pukul 19.00 WIB bertempat di Teater Bhinneka Tunggal Ika TMII dengan penandatanganan  Prasasti Penetapan TMII sebagai Wahana Pelestarian Budaya Nusantara untuk Merperkokoh Kebhinnekaan dan Membangun Karakter Bangasa Sebagai Perekat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia oleh Menteri Dalam Negeri  Republik Indonesia yang juga dihadiri oleh Presiden RI, Gubernur Aceh, serta Duta besar negara sahabat, Sekretaris Daerah  dan Ketua PKK Provinsi seluruh Indonesia.

Anjungan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pun tidak mau ketinggal untuk ikut menyemarakan rangkaian kegiatan HUT TMII yang ke 41 ini. Adapun kegiatan yang diikuti antara lain adalah : Festival Kuliner Nusantara, Pawai Budaya, Gelar Expo, dan Parade Busana Daerah, kegiatan ini tentu saja menampilkan ciri khas daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan melibatkan seluruh pegwai Kantor Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Jakarta. (Dari berbagai sumber, ysd)

Sumber: 
Kantor Perwakilan
Penulis: 
Adwin
Fotografer: 
Wiji Lestari
Editor: 
Prima Indrasari