AKSI MIAK DAN BUJANG PADA ACARA PAWAI BUDAYA NUSANTARA DI HUT TMII

Pada hari Rabu tanggal 20 April 2016, Diono, Kordinator Unit Kerja Badan Pengelola dan Pengembangan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) melepas 26 peserta Pawai Budaya Nusantara melibatkan Anjungan Daerah yang berada di TMII, sebagai perwakilan seluruh Indonesia dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun TMII ke-41 tahun, yang jatuh pada tanggal 20 April 2016.

Dalam Pawai Budaya Nusantara, Anjungan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menampilkan Parade bertemakan Mutik Sahang/Lada, yang menceritakan keriangan bujang-bujang dan miak-miak daerah Bangka Belitung memetik sahang/lada dengan rasa gembira pada saat panen musim tiba. Karena Pulau Bangka terkenal sebagai produsen sahang/lada. Tradisi ini oleh Sanggar Serumpun Sebalai Anjungan Daerah Bangka Belitung, disuguhkan pada pawai budaya nusantara, dikemas dalam bentuk tarian. Pawai Budaya ini diikuti oleh 53 orang peserta Sanggar Serumpun Sebalai Anjungan Daerah Bangka Belitung.

Pawai ini dimulai dari museum Dunia Air Tawar pada pukul 13.00 WIB menuju garis finish di Tugu Api depan Gedung Sasono Utomo. Pawai Budaya Nusantara ini selesai pada pukul 17.00 WIB. Para juri Pawai Budaya Nusantara ini terdiri dari Tim Seni Budaya Yayasan Taman Mini Indonesia Indah. Pemenang dari Pawai Budaya Nusantara ini adalah Provinsi Banten.

Sumber: 
Kantor Perwakilan
Penulis: 
Monayati
Fotografer: 
Reza
Editor: 
Prima Indrasari